Wujudkan Generasi Sehat, SMAN 5 Kendari Salurkan Tablet Tambah Darah Kepada Seluruh Siswinya

  • Bagikan
Kepala SMAN 5 Kendari, Sofyan Masulili (kedua dari kanan) bersama Kepala Dinkes Sultra, dr. Putu Agustin (baju korpri) dan Asisten III Pemprov Sultra, Sukanto Toding (paling kanan) menyaksikan gerakan minum tablet penambah darah secara serentak oleh siswi SMAN 5 Kendari, kemarin. (FOTO : AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - SMA Negeri 5 Kendari sangat peduli terhadap kondisi kesehatan peserta didiknya. Hal tersebut diwujudkan melalui pemberian tablet tambah darah kepada seluruh siswi. Pemberian obat tersebut diharapkan bisa meningkatkan status gizi remaja putri.

Kepala SMAN 5 Kendari, Sofyan Masulili mengatakan, bantuan tablet penambah darah berasal dari Pemerintah Provinsi Sultra untuk kemudian disalurkan kepada seluruh siswi di sekolahnya. "Total ada 700 siswi yang menerima bantuan tablet tambah darah," ungkapnya, usai penyaluran bantuan tablet penambah darah di Pelataran SMAN 5 Kendari, kemarin.

Sofyan berharap, pemberian tablet penambah darah bisa menjaga daya tahan tubuh siswi SMAN 5 Kendari sehingga bisa mewujudkan generasi yang sehat dan berdaya saing. "Kami ucapakan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Bapak Gubernur Ali Mazi yang sangat peduli terhadapa kondisi kesehatan anak-anak kita," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, dr. Putu Agustin mengatakan pemberian tablet penambah darah kepada remaja putri yakni untuk memutus mata rantai terjadinya stunting, menurunkan kasus anemia, dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal mempersiapkan generasi yang sehat berkualitas dan produktif.

"Pemberian tablet tambah darah akan dilakukan bagi remaja putri umur 12-18 tahun dengan dosis satu tablet per minggu sepanjang tahun," jelasnya.

Lanjut dia, selain SMAN 5 Kendari, sekolah lainnya yang sederajat juga meneriman bantuan tablet penambah darah ini. Khusus di Kota Kendari tablet penambah darah diberikan kepada sekira 21.669 siswi. "Penyalurannya dilakukan serantak didaerah lainnya seperti Kolaka 450 orang, Konawe 4.479 orang, dan Konsel 300 orang," ungkapnya.

dr. Putu yakin pemberian tablet penambah darah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh remaja putri sehingga bisa menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan berdaya saing. (ags)

  • Bagikan