Wisata ke Bandung Tak Lengkap Tanpa Cicipi Kudapan Berikut Ini!

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bandung merupakan salah satu kota yang kerap dijadikan destinasi wisata. Tak hanya bagi warga Ibukota Jakarta, tapi juga masyarakat dari daerah-daerah lain, khususnya yang berada di Pulau Jawa. Pasalnya, ada banyak sekali pilihan sarana transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Kota Kembang. Mulai dari kendaraan pribadi, bus atau travel, kereta api, hingga pesawat terbang. Contohnya saja, travel Bandung Xtrans.

Berbicara soal liburan di kota Bandung memang seolah tak ada habisnya. Anda ingin menikmati keindahan alam, ada banyak pilihan. Anda ingin wisata belanja, sederet mal bisa Anda kunjungi. Akan tetapi, satu hal wajib yang harus Anda lakukan ketika berlibur ke Bandung adalah menikmati sederet sajian kuliner yang ada di sana.

Bagi Anda yang sering bepergian ke Bandung, mungkin sudah punya daftar wajib makanan yang harus dinikmati. Namun, bagi Anda yang belum pernah ke Bandung, simak deretan makanan-makanan yang harus Anda nikmati saat berada di Kota Kembang.

Madtari

Anda tentu sudah pernah makan roti bakar atau pisang bakar. Tapi, pernahkah Anda memakan kedua hidangan tersebut dengan topping yang melimpah? Kalau Anda ingin mencoba hal tersebut, maka Madtari adalah tempat yang harus Anda kunjungi saat berada di Bandung.

Menu-menu makanan di Madtari memang terkesan umum, seperti mie goreng, mie rebus, pisang bakar, dan roti bakar. Tapi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, topping yang disajikan sangatlah melimpah. Hal tersebut adalah daya tarik dari Madtari yang membuat banyak wisatawan mengunjungi tempat tersebut.

Sate Hadori

Makanan berikutnya yang harus Anda cicipi ketika sedang berlibur ke Bandung adalah Sate Hadori. Terletak di dekat Stasiun Bandung, Anda tak akan kesulitan mencari tempat tersebut. Apalagi, Sate Hadori sudah sangat terkenal. Berdiri sejak 1940, tempat makan ini cukup sering menjadi tujuan para pejabat negara.

Di Sate Hadori, Anda akan disajikan sate yang dagingnya berasal dari daging paha belakang kambing betina muda. Anda bisa memilih, ingin memakai bumbu kecap atau pun bumbu kacang saat menyantap hidangan tersebut. Tak hanya sate kambing, tempat makan ini juga punya sederet menu sate lainnya.

Nasi Kuning Pungkur

Apakah Anda pernah menikmati sajian nasi kuning di malam hari? Ya, biasanya nasi kuning memang sajian yang nikmat disantap saat sarapan di pagi hari. Tapi di Bandung, kenikmatan nasi kuning juga bisa Anda nikmati di malam hari, tepatnya di Nasi Kuning Pungkur.

Menu yang disajikan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Akan tetapi, Nasi Kuning Pungkur juga punya ciri khas tersendiri, yang membuat orang-orang tertarik untuk mencicipi. Selain telur dadar yang diiris, kering tempe, dan sambal, nasi kuning ini diberi gorengan yang disiram oleh bumbu kacang. Gorengannya pun bisa Anda pilih, mulai dari bakwan, risol, hingga tahu isi.

Roti Gempol

Anda tak perlu khawatir jika hotel tempat Anda menginap selama di Bandung tidak menyediakan sarapan. Anda tinggal meluncur ke Roti Gempol yang ada di Jl. Gempol Wetan No 14 – 16. Dua menu wajib yang harus Anda coba adalah roti bakar gandum asin komplet dan roti bakar putih manis isi kacang coklat.

Tak hanya memiliki roti bakar yang sangat nikmat disantap saat sarapan, tempat dari Roti Gempol sendiri akan membuat Anda betah menghabiskan waktu berlama-lama. Pasalnya, Roti Gempol tetap mempertahankan nuansa rumahan, sejak pertama kali berjualan pada 1958 lalu.

Iga Bakar Si Jangkung

Bagi Anda para penggemar sajian iga bakar, Iga Bakar Si Jangkung tak boleh Anda lewatkan. Salah satu keunikan dari tempat makan ini adalah cara penyajiannya. Iga bakar yang Anda pesan akan disajikan di atas hot plate atau piring panas berbahan dasar tanah liat. Untuk rasa, tak perlu diragukan lagi. Daging iga yang sangat empuk, bahkan sudah tidak lagi menempel di tulang saat disajikan.

Meski menu andalannya adalah iga bakar, tapi Iga Bakar Si Jangkung juga punya menu-menu lainnya. Seperti sop iga hingga nasi goreng. Anda bisa menemukan Iga Bakar Si Jangkung di daerah Cipaganti atau di beberapa food court yang ada di Kota Kembang

Selain lima sajian di atas, tentu masih ada banyak lagi kuliner-kuliner di Bandung yang tak mungkin jika disebutkan semuanya. Tentunya, Anda pasti punya referensi tersendiri dalam hal makanan yang harus Anda nikmati saat liburan.

Jadi, sudah siap untuk kembali berburu kuliner lezat di Kota Kembang?

  • Bagikan

Exit mobile version