BPS Kolaka Utara Canangkan Program Desa Cinta Statistik di Lapasi-Pasi

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mencanangkan program Desa Cinta Statistik di Lapasi-Pasi, kemarin. Program tersebut diharapkan bisa meningkatkan kapasitas desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi desa dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

Kepala BPS Kolut, Sidik mengatakan, selain untuk meningkatkan kapasitas desa, pencanangan program, diharapkan bisa menjadi ajang pembinaan kepada Desa Lapasi-Pasi yang akan mewakili Kolut dalam ajang Desa Cinta Statistik 2022 yang akan digelar dalam waktu dekat ini. "Desa Lapasi-Pasi ditetapkan oleh bupati untuk mewakili Kolaka Utara," ujar Sidik.

PENCANANGAN: Kepala BPS Kolut, Sidik menandatangani Piagam Pencanangan Desa Cantik Desa Lapasi- Pasi Kecamatan Lambai, Kolaka Utara, kemarin. Tampak disaksikan langsung Sekda Kolaka Utara, Dr. Taufiq. S, SP.,MM. FOTO: BPS Kolut for Kendari Pos

Setelah pencanangan, Desa Lapasi-Pasi akan mendapatkan pendampingan dari BPS. Para perangkat desa bakal diedukasi tentang implementasi prinsip satu data Indonesia, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, manajemen kualitas data dan pemanfaatan data untuk pembangunan.

"Mudah-mudahan bimbingan yang kami berikan, bisa meningkatkan kapasitas desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki dalam rangka mengentaskan kemiskinan. Sehingga bisa mensejahterakan masyarakat," jelasnya.

Sekadar informasi, pada pencanangan Desa Cantik, BPS Kolut  menyerahkan award satu data Indonesia dan sertifikat operator pengolah data kepada enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kolut yang telah mengajukan permohonan rekomendasi melalui romantik online BPS.

Enam OPD yang mendapatkan penghargaan yakni Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Dinas Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. (KP)

  • Bagikan