Festival Tangkeno Masuk 110 KEN 2022

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Annisa asri Prihatin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Festival Tangkeno di Desa wisata Tangkeno, Kecematan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana masuk dalam KEN 2022. Event tersebut telah berlangsung sejak tahun 2013 hingga sekarang dengan mengambil ikon “Negeri di atas awan”. Festival itu mempromosikan destinasi wisata dan keindahan budaya Kabaena.

Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Annisa asri Prihatin mengungkapkan, masuknya Festival Tangkeno dalam KEN 2022 merupakan hasil dari seleksi ketat yang dilakukan oleh Kemenparekraf. Dari 319 usulan yang masuk ke Kemenparekraf yang berasal dari 34 provinsi, salah satu event pariwisata Bombana yakni, Festival Tangkeno masuk 110 KEN 2022. Kategori top 10 KEN dan 100 kegiatan KEN 2022," katanya.

Lanjut Annisa, terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN, yaitu aspek ide dan potensi inovasi, aspek pengembangan ekonomi kreatif, event manajement, seni pertunjukan dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media. Masuknya Festival Tangkeno sebagai event nasional tentu menjadi angin segar bagi dunia pariwisata Bombana. Pasalnya, festival itu secara otomatis telah menjadi event nasional yang akan banyak diminati oleh wisatawan baik wisatawan lokal, wisatawan nusantara, dan wisatawan mancanegara.

“Dengan adanya KEN 2022, pariwisata di Kabupaten Bombana dapat lebih maju lagi, dapat bangkit lagi tidak hanya di wilayah Sultra tetapi di kanca nasional. Selain itu, untuk tetap melestarikan seni budaya lokal, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta menoingkatkan aspek ekonomi dan sosial budaya,” tuturnya.

Keunikan dari event tersebut yaitu festoival ini diselenggarakan di Plaza Tangkeno dengan dikelilingi awan indah. Dari Plaza Tangkenno, wisatawan dapat menyaksikan gunung Watu Sangia, bahkan ada yang menyebutnya sebagai gunung kembar, serta dalam event tersebut menampilkan tari kolosal atau tradisi tradisionla wariisan budaya Kabena seperti tari lumense dan tari lulo alu. (idh/b).

  • Bagikan