120 Paket Daging Kurban Dibagikan Komunitas Kendari ke Warga Kurang Mampu

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Gabungan 20 komunitas yang berada di bawah naungan Riderhood dan Super Friends Kota Kendari Sulawesi Tenggara turut menyemarakkan perayaan Iduladha 1443 H dengan membagikan kurban kepada warga kurang mampu yang menempati rusunawa (rumah susun sederhana sewa) di Desa Ponggulaka Kecamatan Puuwatu Kendari.

"Penghuni rusunawa ini dari berbagai macam profesi, seperti pedagang keliling, pekerja kontrak, hingga buruh dengan penghasilan rendah," ujar tim pembina komunitas, La Ode Nafsahu atau yang akrab disapa Uca usai pelaksanaan kurban dengan tema 'KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang' pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Selain kepada warga rusunawa, kurban juga dibagikan ke warga RT 1 RW 02 yang tinggal di sekitar rusunawa. Sebelumnya, pihak komunitas telah meminta ketua RT untuk mendata jumlah warga dengan kategori prasejahtera yang layak menerima kurban.

Uca menambahkan, daging kurban dibungkus menggunakan potongan pelepah pisang yang dirangkai menjadi wadah pembungkus daging. Hal ini sesuai misi Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan.

Kurban 1 ekor sapi dikemas menjadi 120 paket daging, kemudian diangkut oleh dua orang menggunakan kasughu untuk dibagikan langsung kepada warga. Kasughu sendiri merupakan wadah besar berbahan bambu atau kayu terbuat dari 10 batang pelepah pisang yang mampu menampung 10 kilogram daging kurban.

--Sapi Kurban Istimewa--

Selain menggunakan wadah unik berbahan ramah lingkungan, sapi yang dikurbankan juga terbilang istimewa. Sebab sapi dibeli dari peternakan dimana pakannya tidak menggunakan rumput liar, melainkan rumput gajah. Sehingga kualitas sapi jauh lebih baik dari sapi pada umumnya.

"Pencarian hewan kurban di ranch peternakan yang berlokasi di Desa Boro' Kabupaten Konawe Selatan dengan pilihan bibit unggul karena makanan khususnya rumput gajah, sapinya lebih besar, lebih sehat dan bebas dari PMK (penyakit mulut dan kuku)," papar Uca.

Ada pun Komunitas Riderhood yang tergabung dalam aksi KITA Berbagi 2022 ini yakni KB2C (Kendari Black Bikers Community), YAK (Yamaha Aerox Kendari), RCCK (Riders Cbr Club Kendari), NRFC (Ninja Riders Family Club), Scoola (Scoopy Land Anoa), SMC (Sultra Max Community), HAI (Honda Adventure Indonesia), dan VOAC (Vibelt Owner Anoa Club).

Perwakilan Kominitas Kendari sempatkan foto bersama warga usai menyerahkan daging kurban, Sabtu (16/07/2022).

Lalu, RKC (Riders Kendari Community), CSC (CBR Sport Community), HYSK (Honda Yamaha Suzuki Kawasaki), CVC (Celebes Vixion Club), YMMC (Yamaha Motor Matic Club), DJ Maxime (Driver Jalanan Maxime), Calsic (Calya Sigra Club), serta ACC (Athaya Car Community).

Sementara dari Super Friends terdiri dari Misez Kendari (Milanisti Indonesia Sezione Kendari), PRMI Kendari (Pena Real Madrid Indonesia Kendari), MCSCI Kendari (Manchester City Supporters Club Indonesia Kendari), CISC Kendari (Chelsea Indonesia Supporters Club Kendari), Like (Lazio Indonesia Kendari), United Indonesia (Manchester United Indonesia Kendari), LFC Kendari (Liverpool Fans Club Kendari), LCI (Inter Milan Club Indonesia), IBC Kendari (Indo Barca Club Kendari), The Macz Man Kendari (Supporters PSM Kendari).

--KITA Berbagi 2022 Tebar 637 Ekor Hewan Kurban--

Program KITA Berbagi 2022 serentak dilaksanakan di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia. (KP)

  • Bagikan