Sulkarnain Yakin RSUD Kendari Naik Status

  • Bagikan
SULKARNAIN KADIR


-Tim Vistastasi Kemenkes Turun Verifikasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perubahan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari mulai berproses. Kemarin, tim visitasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyambangi RS plat merah ini. Kunjungan ini dalam rangka melakukan verifikasi dan klarifikasi terkait usulan penaikan status RS dari tipe C menjadi B.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meyakini RS kebanggaan warga metro bisa naik kelas ke tipe B. Apalagi seluruh persyaratan yang diinginkan kemenkes telah terpenuhi. "Insya Allah (RSUD Kota Kendari) bisa naik status. Untuk itu, jadikan momentum ini (verifikasi dan klarifikasi) sebagai kesempatan untuk belajar. Jadikan ini untuk memaksimalkan potensi yang kita punya," ungkap Sulkarnain Kadir, kemarin.

Kenaikan status RS kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, akan mendorong peningkatan kualitas, sehingga layanan kesehatan kepada masyarakat bisa semakin baik. Selain itu, juga memberi ruang bagi Universitas yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menghadirkan Fakultas Kedokteran di Kendari. Pasalnya salah satu syarat bagi Universitas membuka fakultas tersebut yakni tersedianya sarana layanan kesehatan yang memadai.

"Kami membuka ruang bagi seluruh Universitas yang akan mendirikan Fakultas Kedokteran. Artinya ini semakin banyak kesempatan yang diberikan kepada anak-anak kita (menjadi Dokter) untuk mengabdi kepada daerahnya," kata Sulkarnain Kadir.

Sebelumnya, Direktur RSUD Kendari dr. Sukirman mengaku tengah mempersiapkan kebutuhan pengusulan RSUD menjadi tipe B. Kebutuhan yang dimaksuk yakni data Sumber Daya Manusia (SDM) rumah sakit. "Sedang dipersiapkan," ungkapnya.

dr. Sukirman optimis usulan ini bisa diakomodir Kemenkes mengingat fasilitas, layanan dan penunjang medis sudah memadai. Misalnya pada fasilitas dan layanan RSUD sudah dilengkapi dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD), Gedung Rawat Inap (Ruang Perawatan Kelas I, II, III dan VVIP), Private Medical Care Center (PMCC) dan Infection Center.

Selain itu, RSUD juga ditopang oleh sekira 20 dokter spesialis serta ditunjang oleh keperluan medis lainnya seperti Laboratorium, Rediologi (Rontgen), Ultrasonografi (USG), Elektrokardiogram (EKG), Elektroensefalografi (EEG) dan Fisioterapi. "Mudah-mudahan kita kita bisa segera naik kelas," kata Sukirman. (b/ags)

Fasilitas dan Layanan RSUD Kendari
-Instalasi Gawat Darurat (IGD)
-Gedung Rawat Inap (Ruang Perawatan Kelas I, II, III dan VVIP)
-Private Medical Care Center (PMCC)
-Infection Center
-Laboratorium
-Radiologi (Rontgen)
-Ultrasonografi (USG)
-Elektrokardiogram (EKG)Elektroensefalografi (EEG)
-Fisioterapi

Ditunjang 20 dokter Spesialis
Tenaga Medis (Perawat dan Bidang) yang Berkompetensi

  • Bagikan