Jalur Inner Ringroad Mulai Dibeton

  • Bagikan
SULKARNAIN KADIR


-Progres Pembangunan Capai 60 Persen

KENDARIPOS.CPO.ID -- Pembangunan Inner Ringroad (Jalan Lingkar Dalam) Kota Kendari terus dikebut. Tidak hanya jembatan, jalur yang menghubungkan jalan protokol ini telah memasuki tahap pengecoran jalur (beton). Secara umum progres Inner Ringroad sudah mencapai 60 persen.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, pembangunan Inner Ringroad sudah memasuki tahap pengecoran jalur. Pengecoran (beton) sengaja diterapkan dalam pembangunan struktur jalan agar pemanfaatannya bisa lebih lama.

"Sudah dimulai (pengecoran/beton). Pekerja sudah menyiapkan lantai cor-nya, Mudah-mudahan 1 - 2 bulan sudah mulai kelihatan hasil pengecorannya," ungkap Sulkarnain Kadir kemarin.

Ia meyakini pembangunan jalan menggunakan struktur beton lebih baik ketimbang aspal. Berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman, penggunaan material beton bisa awet hingga 20 - 50 tahun. "Kalau pakai beton, itu (jalan) bisa (bertahan) hingga puluhan tahun. Dengan begitu kita bisa berpindah di area kecamatan atau kelurahan lain, sehingga pembangunan itu merata," kata Sulkarnain Kadir.

Selain pengecoran jalur, pihaknya juga tengah fokus pada pemasangan tiang pancang jembatan. Kini proses pemasangan tiang sedang berlangsung. Termasuk penyiapan struktur jembatan. "Kan konsep pembangunan jembatan inner ringroad itu tidak lagi seperti teori struktur lama. Saat ini sudah dicetak. Setelah selesai pancangnya itu tinggal diseting dan dipasan struktur jembatannya," ungkap Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Proyek Inner Ringroad

  1. Anggaran Rp 220 Miliar
  2. Progres 60 Persen
  3. Panjang Jalan 4,1 Km
    -Jalan Kali Kadia-RSUD Kendari 1,5 Km
    -Jalan ZA Sugianto-Jalan Mokodompit (Kampus Baru) 2,6 Km
  4. Bangun 4 Jembatan
    -Dua Jembatan Sepanjang 90 Meter
    -Dua Jembatan Sepanjang 35 Meter
  5. Jalan Mulai Tahap Pengecoran
  • Bagikan