Raih Predikat B, Bobot Nilai Meningkat

  • Bagikan
ILUSTRASI_BAIK

Hasil Evaluasi SAKIP 2021

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam penerapan akuntabilitas cukup positif. Dari hasil evaluasi penerapan, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021 mendapat predikat B dengan mengumpulkan nilai 63,47.

Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana (Ortala) Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra Iwan Susanto mengatakan tiap tahun pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan evaluasi SAKIP. Proses evaluasi telah dimulai Maret 2022.

"Alhamdulillah, kita masih dapat predikat B. Hasil penilaian SAKIP tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2021," beber Iwan Susanto kemarin.

Tahun lalu, Pemprov juga meraih predikat B. Hanya saja, bobot nilainya lebih rendah atau 62,97 poin. Hasil penilaian ini menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah semakin baik. Artinya, pemerintah tetap konsisten melakukan pembenahan.

Selain capaian kinerjanya, kualitas budaya pembangunan kinerja birokrasi juga meningkat. Di mana penyelanggaraan pemerintahan berorientasi pada hasil. Kendati demikian, pemerintah tetap akan memerlukan langkah perbaikan.

"Perbaikan masih berlanjut kedepannya. Khususnya dalam pertanggungjawaban atas hasil atau outcome terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil atau result Oriented government," tambahnya. (c/kam)

  • Bagikan