Bantuan Buat Nelayan Masih Dilelang

  • Bagikan
Imran Ismail

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan menyalurkan bantuan buat nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan. Rinciannya, 30 unit kapal penangkap ikan, 71 mesin kapal dan 701 alat tangkap ikan. Bantuan itu masih dalam proses lelang alias tender.

Kepala DKP Kendari Imran Ismail, mengatakan bantuan yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) ini akan disalurkan Agustus 2022 mendatang. Pengadaan bantuan ini guna membantu para nelayan sehingga bisa meningkatkan hasil tangkapan. Ia berharap nelayan menjaga bantuan itu, karena tidak mungkin setiap tahun ada.

"Kami mohon apabila bantuannya sudah diberikan, digunakan dengan baik sehingga bisa menjadi jalan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Sebagian besar nelayan di Kendari ini masih menggunakan alat tangkap tradisional," harapannya.

Sampai saat ini, pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) sementara mempercepat tendernya. Imran Ismail menyebut, dengan bantuan alat tangkap ikan modern ini, nantinya hasil tangkap nelayan bisa meningkat sehingga volume pasokan ikan juga bisa meningkat.

Rencananya, bantuan ini akan diserahkan pada kelompok nelayan yang memang menjadi pusat perhatian Pemkot di enam kecamatan. Yakni, Abeli, Kendari, Kendari Barat, Nambo, Mandonga dan Poasia.
Ia menambahkan, bantuan yang menyerap anggaran mencapai Rp 10 miliar itu pun sudah mencakup pemberdayaan nelayan, kegiatan budidaya ikan dan pengelolaan hasil ikan. (m1/b).

  • Bagikan