Arus Mudik Lancar, Penumpang Naik 20 Persen

  • Bagikan
Aktivitas masyarakat yang hendak berangkat menggunakan jasa kapal laut di dermaga Nusantara, Kendari. Guna menunjang kelancaran arus mudik Dishub Kota Kendari meningkatkan sarana dan prasana.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Arus mudik di Kota Kendari berjalan lancar. Meski ada peningkatan penumpang di sejumlah terminal Pelabuhan Nusantara, namun jumlahnya tak sebesar libur lebaran Idul Fitri. Apalagi libur Idul Adha 1443 Hijriah hanya sehari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari Abdul Manas Salihin mengatakan libur lebaran telah usai. Meski begitu, gelombang arus balik masih belum berakhir. Penanganan arus balik tidak jauh berbeda saat mudik lebaran dengan cara mengoptimalkan sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas.

"Sejak awal, kami sudah menyiapkan bagaimana menghadapi puncak arus mudik dan arus balik lebaran termasuk antisipasinya jika terjadi lonjakan penumpang kapal. Alhamdulillah arus mudik dan balik berjalan lancar,” ujarnya Senin (11/7).

Arus balik telah dimulai tanggal 10 Juli. Dalam dua hari terakhir, terjadi lonjakan penumpang transpotrasi laut sekitar 20 persen. Selain itu, volume lalu lintas kendaraan di batas-batas kota beberapa hari terakhir ikut meningkat.

"Tidak hanya mengawasi arus mudik dan balik, kami juga memastikan keselamatan pelayaran maupun lalulintas jalan raya. Seperti lengkapi surat kendaraan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan tetap jaga protokol kesehatan (prokes)," jelasnya.

Selama arus balik lanjutnya, personil stand bay di lapangan mengamankan arus balik. Di sisi lain, Dishub juga turut memperketat beberapa titik tujuan pemudik seperti terminal, bandara, dan pelabuhan penyeberangan feri.

"Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan saat balik ke kendari lebih nyaman dan selamat sampai tujuan,” pintanya. (b/m1)

  • Bagikan