Tebarkan Kasih Sayang, Kukuhkan Persaudaraan

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (kanan) menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada KH.Djakri Napu (kiri), panitia kurban Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Agung Al Kautsar Kendari, Minggu (10/7), kemarin

Gubernur dan Wali Kota Doakan Jemaah Haji Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari Raya Iduladha dapat dimaknai sebagai implementasi ketaatan dan keikhlasan menunaikan perintah Allah SWT melalui berkurban. Selaras dengan hal itu, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan momentum perayaan Iduladha sejatinya menjadi sarana penguatan implementasi nilai-nilai keteladanan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail.

Bagi Gubernur Sultra Ali Mazi, hari raya Iduladha harus diimplementasikan dengan menebarkan kasih sayang kepada umat sekaligus mengukuhkan ikatan persaudaraan. "Keteladanan itu adalah untuk melepaskan segala sikap ego yang ada dalam diri kita masing-masing dan senantiasa menebarkan sikap kasih sayang kepada sesama melalui ibadah kurban," ujar Gubernur Ali Mazi saat menyampaikan kata sambutan pada Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijah 1443 Hijriah di Masid Agung Al Kautsar Kota Kendari, Minggu (10/7), kemarin.

Gubernur Ali Mazi berharap perayaan hari raya Iduladha dapat mendorong peningkatan pengalaman nilai ajaran agama dan menumbuhkan kesadaran kolektif serta membangkitkan gerakan berkurban.
"Berkurban akan memperkuat solidaritas persaudaraan dan kebersamaan serta meningkatkan kecintaan dan kebanggaan kita menjadi warga masyarakat Sultra, demi bersama mewujudkan kesejahtraan umat dan masyarakat serta daerah sultra yang aman, maju, sejahtra dan bermartabat," kata Gubernur Ali Mazi.

Pada kesempatan itu, Ali Mazi juga mengajak seluruh jemaah untuk senantiasa bermunajat untuk jemaah haji Sultra yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci. "Semoga mereka senantiasa diberi kesehatan, kekuatan, kemudahan dan keselamatan hingga kembali ke tanah air dan meraih predikat haji mabrur," kata Gubernur Ali Mazi yang didampingi Pj. Sekda Sultra, Asrun Lio dan jajaran Forkopimda Sultra.

Sementara itu, Pj. Sekda Pemprov Sultra Asrun Lio menyebutkan total hewan kurban yang disiapkan pada tahun ini sebanyak 65 ekor sapi. “Adapun total hewan kurban tersebut, telah tersalurkan pada masing-masing daerah di Sultra termasuk beberapa titik tambahan lainnya, sehingga dipastikan telah siap disembelih pada hari Iduladha 1443 Hijriah dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Pj. Sekda Pemprov Sultra Asrun Lio.

Di tempat terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan ibadah kurban menjadi sangat bermakna apalagi di masa sulit seperti saat ini. Rasa kemanusiaan teruji. "Tidak sedikit saudara-saudara kita yang harus menanti bantuan untuk menyambung hidup istri, anak serta keluarganya, karena itu laksanakanlah perintah Allah (berkurban)," ujarnya saat membacakan khutbah salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Jami Al Falah Lepo-lepo, Minggu, kemarin.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kanan) didampingi Ketua PBHI Kelurahan Lepo-lepo Abdul Rauf (kiri) menyerahkan sapi kurban kepada panitia kurban Masjid Jami Al Falah, Minggu (10/7), kemarin.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Sulkarnain meminta seluruh jemaah agar semangat dalam berkurban. Sebab dapat memberikan kesadaran kepada setiap insan bahwa harta yang dimiliki bukanlah milik pribadi semata.

Harta dan materi di dunia hanyalah titipan dari Allah SWT yang di dalamnya terdapat hak orang lain. Kenikmatan yang dirasakan tidak akan berkurang sedikitpun ketika berbagi dengan orang lain.
"Kita harus menyadari bahwa sesungguhnya hakikat memberi adalah menerima. Manusia tidak perlu khawatir karena nikmat Allah SWT sangatlah banyak. Bahkan kita tidak akan mampu menghitungnya," kata Wali Kota Sulkarnain Kadir.

Semangat berkurban, lanjut dia, haruslah mampu melahirkan amal kebaikan, sehingga sudah saatnya beramal secara nyata dengan niat tulus dan ikhlas untuk meraih Rida dan Keberkahan dari Allah SWT.

"Semoga Allah SWT menjaga dan menolong kita dari berbagai ujian dan cobaan kehidupan, sekaligus menjadikannya sebagai wasilah khusyuan kita melaksanakan ibadah kurban," tutur Wali Kota Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Sulkarnain mengajak seluruh jemaah salat Iduladha untuk mendoakan jemaah haji yang tengah melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci.
"Semoga mereka semua mendapat perlindungan dan diberi kelancaran dalam menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji serta kembali ke tanah air dengan membawa predikat haji yang mabrur," imbuhnya.

"Dan bagi kaum muslimin yang belum berkesempatan menunaikan ibadah Haji tahun ini agar segera menyusul, walaupun jemaah haji tanah air harus lebih bersabar karena antrean keberangkatan sudah mencapai tahunan. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kesabaran," pungkas Wali Kota Sulkarnain Kadir.

Untuk diketahui, sebagai ungkapan rasa syukur merayakan hari Iduladha 1443 Hijriah, Wali Kota Sulkarnain membagikan hewan kurban diseluruh kecamatan di Kota Kendari. (ags/b/rls)

  • Bagikan