Lempar Jumrah Tuntas di Mina

  • Bagikan
Jemaah haji Sultra asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) saat melempar jumrah di Mina.

Hari Ini Jemaah Haji Sultra Kembali ke Mekkah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Satu demi satu rangkaian ibadah haji ditunaikan jemaah asal Sultra. Minggu (10/7, kemarin, seluruh jemaah telah menuntaskan salah satu rukun haji yakni melempar/melontar jumrah di Mina, Arab Saudi. Hari ini, Senin (11/7), jemaah haji dijadwalkan kembali ke Makkah.

Jemaah haji Sultra asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Dr. Emilia Ningsih mengungkapkan seluruh jemaah Sultra telah tuntas melontar jumrah di Mina. Selanjutnya, seluruh jemaah akan kembali ke Mekkah (hari ini) atau sebelum 13 Dzulhijjah.

"In Sya Allah, setelah tahapan pelontaran batu tuntas (nafar tsani), jemaah tahalul, kemudian jemaah dijadwalkan tawaf ifadah dan sa'i tanpa tahalul," ujar Dr.Emilia Ningsih melalui sambungan telepon seluler, Minggu (10/7), kemarin

Redaktur/Editor Harian Kendari Pos itu menambahkan, selama di Makkah jemaah haji juga akan dijadwalkan mengikuti tawaf wada (perpisahan). "Masa tinggal jemaah selama 25 hari di Makkah. Selanjutnya delapan hari di Madinah, kemudian menunggu jadwal pemulangan ke tanah air," ungkap Emilia Ningsih.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra H. Zainal Mustamin
mengatakan, seluruh jemaah asal Sultra telah melaksankan lempar jumrah di Mina. Melempar jumrah merupakan simbol perang melawan setan yang akan terus berlangsung hingga akhir zaman.

Prosesnya berlangsung pada 10 Dzulhijjah hingga hari tasyrik yakni 11, 12, dan 13 Dzulhijjah di Mina. Pada masing-masing hari tersebut, jemaah haji wajib melontar jumrah masing-masing sebanyak tiga kali baik di Ula, Jumrah Wustha, dan Jumrah Aqabah di Mina dengan tujuh batu kerikil.

"Batu kerikil yang akan dilempar saat jumrah ini dikumpulkan saat menginap di Muzdalifah. Jumlah batu yang dikumpulkan sebanyak 70 atau 49 butir. Tergantung lama jemaah menginap di Muzdalifah," ungkap Zainal, kemarin.

Mantan Kepala Kantor Agama Kota Kendari ini menambahkan, usia melempar jumrah, para jemaah akan kembali ke Makkah untuk melaksanakan beberapa rangkaian haji, diantaranya tawaf.

"Tak henti-hentinya kami mendoakan seluruh jemaah agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian haji tahun ini. Mudah-mudahan seluruh jemaah selalu dalam perlindungan Allah SWT, sehingga bisa menjadi haji yang mabrur," kata Zainal Mustamin. (ags/b)

  • Bagikan