Sejak Februari, 15 Ribu Warga Akses New Laika

  • Bagikan
ISWANTO DONGGE

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Animo masyarakat menggunakan inovasi New Laika cukup tinggi. Sejak dioperasikan Februari 2022, aplikasi ini telah melayani sekira 15.174 pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk). Layanan berbasis IT ini sangat membantu pemerintah meng-update data kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kendari, Iswanto Dongge mengatakan, kehadiran aplikasi New Laika sangat memudahkan masyarakat yang ingin mengurus layanan adminduk misalnya pengurusan KTP Elektronik, Kartu Keluarga, dan layanan adminduk lainnya.

"Masyarakat dimudahkan agar tidak perlu datang langsung di Kantor Dukcapil. Apalagi sampai harus mengantri terlalu lama," ungkap Iswanto, kemarin.

Belasan ribu pengurusan adminduk yang masuk kata dia, didominasi layanan KTP Elektronik, Kartu Keluarga, dan perubahan data kependudukan misalnya alamat tempat tinggal. Kehadiran aplilasi New Laika bisa memutus rantai hirarki layanan yang berbelit-belit. Selain itu, New Laika juga mencegah potensi terjadinya Suap, Pungli, dan Gratifikasi (SPG).

"Dengan adanya layanan online juga bisa mencegah potensi SPG . SPG bisa terjadi karena adanya pertemuan antara yang dilayani dan melayani. Nah, sekarang sudah tidak lagi," kata Iswanto mantan Inspektur Pembantu (Irban) Inspektorat Kendari.

Oleh karena itu, Iswanto mengimbau masyarakat yang ingin mengurus layanan adminduk, bisa langsung mengunduk aplikasinya melalui Google Play Store atau mengklik link https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kotakendari.laika.

Selain layanan adminduk terdapat beberapa layanan yang bisa diakses masyarakat lewat aplikasi New Laika. Diantaranya, aduan publik, pemadam kebakaran, ambulans Dinkes Kota Kendari, perizinan dan mengecek warga yang telah divaksin. (b/ags)

Layanan New Laika
-Dilaunching Februari 2022
-15.174 Warga Telah Mengakses
-Pengurusan KTP, KK dan Perubahan Alamat Mendominasi
-Memutus Mata Rantai Hirarki
-Cegah Prilaku SPG
-Tak Hanya Layani Adminduk
-Aduan publik,
-Pemadam Kebakaran
-Permintaa Ambulans
-Urus Perizinan
-Cek Vaksin

  • Bagikan

Exit mobile version