Raih Satya Lencana Wirakarya, Kinerja Andi Nirwana Diapresiasi Presiden

  • Bagikan

Presiden Joko Widodo menyematkan pita Satya Lancana kepada Ketua TP PKK Bombana.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dedikasi dan kerja keras Ketua Tim Penggerak Persatuan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bombana Hj. Andi Nirwana mendapat pengakuan dari negara. Hal itu ditandai dengan raihan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, Joko Widodo. Penghargaan tertinggi dari Presiden RI itu diraih Andi Nirwana atas darma baktinya kepada negara
dalam menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) melalui penanganan stunting di Kabupaten Bombana.

Ketua TP PKK Bombana, Hj. Andi Nirwana bersama dengan penerima penghargaan Satya Lencana Wirakarya.

Pemberian tanda kehormatan Satyalancana tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, bertepatan dengan acara Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara , Kamis (7/7).

Mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, tentu menjadi kebanggan bagi Hj. Andi Nirwana serta seluruh masyarakat Bombana. Pasalnya, selain menjadi ketua TP PKK, Hj. Andi nirwana juga mendapatkan amanah dari masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai anggota DPD RI. Melakoni keduanya tentu bukan hal yang mudah. Namun, istri dari Bupati Bombana Tafdil itu mampu membuktikan dengan memberikan kinerja terbaiknya di Senayan maupun di daerahnya. Hal ini juga menjadi bukti nyata bahwa, Hj. Andi Nirwana merupakan srikandi tangguh yang piawai dalam melakoni peran yang dipercayakan dengan mempersembahkan kinerja terbaiknya.

Penyematan Satyalancana tersebut, merupakan hasil dari rangkaian penilain yang dilakukan tim Sekretriat Militer Presiden (Setmilpres) serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat terhadap keberhasilan serta peran Ketua TP PKK Bombana dalam menyukseskan program Bangga Kencana di daerahnya.

Ketua TP PKK Kabuapten Bombana, Hj. Andi Nirwana mengungkapkan TP PKK Bombana terus berupaya mendukung program Bangga Kencana yang dicanangkan BKKBN, melaui 10 program pokok PKK. Diakuinya, seluruh kader PKK Bombana yang tersebar di 22 Kecamatan di Bombana senantiasa berjalan beriringan dengan BKKBN dalam menyukseskan program Bangga Kencana, khususnya terkait dengan penanganan stunting.

Bupati Bombana H. Tafdil dan Ketua TP PKK Bombana Hj. Andi Nirwana.

“Alhamdulillah pemberian penghargaan Satya Lancana dari Presiden RI ini, merupakan hasil dari program-program TP PKK yang terus bersinergi dengan Pemkab Bombana, serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Wonua Bombana,” ungkapnya melalui pesan tertulisnya.

Lebih lanjut, penganugrahan tanda kehormatan yang diperoleh dipenghujung jabatan Bupati Tafdil sebagai kepala daerah Bombana dan Ketua TP PKK Bombana. Untuk itu, penganugrahan Satyalancana yang yang diterimanya itu didedikasikan untuk seluruh masyarakat Bombana. “Ini merupakan penghargaan seluruh masyarakat Bombana. Bukan hanya saya pribadi,” katanya.

Lebih lanjut, ada banyak program unggulan TP PKK Bombana yang erat kaitannya dengan program Bangga Kencana, baik itu di bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan hingga peningkatan ekonomi keluarga. Melalui berbagai program itu, Andi Nirwana dan seluruh kadernya memberikan sosialisasi dan juga pembinaan terkait program Bangga Kencana disetiap kegiatan yang dilakukan, khususnya kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti dalam pelaksanaan Majelis Ta’lim yang rutin dilakukan PKK Bombana di setiap bulan.

Terlebih lagi, TP PKK memiliki kader yang tersebar di 22 Kecamatan yang ada di Bombana dan aktiif membantu program kerja Pemkab melaui BKKBN.

Diakuinya, TP PKK juga terlibat secara langsung dalam pembentukan kampung KB yang jumlahnya hingga saat ini sudah mencapai 50 kampung KB yang tersebar di 22 Kecamatan di Bombana. Selain itu, TP PKK juga fokus mengambil peran dalam pencanangan dan pembentukan kampung KB, dengan menempatkan kader Dasa Wisma yang beranggotakan 10-15 KK. Selain itu, setaip kader PKK juga aktif menjadi motivator untuk memmpromosikan kampung KB kepada masyarakat agar ikut berpartiipasi hingga aktif melakukan komunikasi, informasi dan edukasi program Bnagga Kencana kepada masyarakat.

“Kami ini juga memiliki kader Dasa wisma yang rutin melakukan pengawaan pada 10-15 KK . Jadi satu kader dasa wisma memantau 10-15 KK. Bahkan dalam pemantauan ini, kami berkolaborasi oleh bidan dan perawat, yang mana disetiap desa di Bombana itu memliki masing-masing perwat dan bidan,” imbuhnya.

TP PKK juga aktif mengarahkan seluruh masyarakat Bombana dalam bidang peningkatan ekonomi keluarga, melalui pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam sayur mayur dan juga obat-obatan. Melalui program ini, selain untuk dikomsumsi pribadi, hasilnya juga dapat dijual ke masyarakat sekitar. Selain itu, pada bidang kesehatan, PKK juga terlibat aktif dalam penurunan angka stunting di Bombana melalui program rutin yakni Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS). “Dalam kegiatan PHBS yang kita lakukan pasti kami selalu menyelipkan sosialisasi terkait stunting. Bahkan, kami juga kerap meberikan makanan tambahan untuk memperbaiki gizi bagi ibu hamil dan bayi,” pungkasnya.

Dipersembahkan Untuk Masyarakat Bombana di Akhir Jabatan

Masyarakat Bombana patut berbangga. Pasalnya, dedikasi dan kinerja Kepala Daerahnya H. Tafdil dan Ketua TP PKK, Hj. Andi Nirwana dalam membangun daerah Bombana tak hanya jargon belaka. Hal itu dibuktikan keduanya dengan mendapat pengakuan dari negara dengan diraihnya penghargaan Satyalancana dari Presiden RI, Joko Widodo. Kendati diperoleh di waktu yang berbeda, namun makna dari penghargaan tersebut sama m. Terlebih lagi penganugrahan Satya Lencana merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden RI yang dianggap berjasa dalam memberikan darmabaktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

Bupati Bombana H. Tafdil menerima penghargaan dari Presiden RI sebanyak dua kali yakni, tahun 2019 dengan meraih tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan di tahun 2021 menerima Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS). Kali ini, Ketua TP PKK Bombana, Hj. Andi Nirwana juga mendapatkan tanda kehormatan itu.

Hj. Andi Nirwana mendapatkan tanda kehormatan Satyal Lencana Wira Karya dari Presiden RI, Joko Widodo atas dedikasinya kepada negara dalam menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) melalui penanganan stunting di Kabupaten Bombana.

Penganugrahan tanda kehormatan Satyalancana yang diperoleh dirinya di penghujung jabatan Bupati Tafdil sebagai kepala daerah Bombana dan juga dirinya sebagai Ketua TP PKK Bombana. Untuk itu, penganugrahan Satya Lencana yang diterimanya itu didedikasikan untuk seluruh masyarakat Bombana. “Ini merupakan penghargaan seluruh masyarakat Bombana. Bukan hanya saya pribadi saja,” katanya. (idh/adv)

  • Bagikan

Exit mobile version