Hari Ini, Jemaah Haji Sultra Mulai Wukuf

  • Bagikan
Dr.Emilia Ningsih dari Makkah, Arab Saudi


--Zainal Mustamin : Jaga Kesehatan dan Kekompakkan

Laporan : Dr.Emilia Ningsih dari Makkah, Arab Saudi (Redaktur Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sekira 922 jemaah haji, plus sembilan orang petugas haji asal Sultra tiba di Arafah, Arab Saudi, Kamis (7/7) kemarin. Ratusan jemaah haji bersiap melaksanakan wukuf sebagai puncak ibadah haji mulai dimulai hari ini, Jumat 8 Juli 2022 (9 Dzulhijjah). Jemaah haji asal Sultra, Dr. Emilia Ningsih mengungkapkan, seluruh jemaah haji Sultra telah tiba di Arafah.

Redaktur Harian Kendari Pos itu yang tergabung dalam kloter 8 mengatakan jemaah Sultra tiba waktu zuhur. Jadwal keberangkatan dipercepat yakni pukul 11.30 waktu Arab Saudi. Arus lalulintas lancar, tidak terjadi macet.

Ternyata pemerintah Arab Saudi telah mengatur jalur-jalur menuju Arafah. Sehingga tidak terjadi kemacetan seperti sebelumnya. “Sekira satu jam lebih kami tiba di tenda Arafah. Jemaah asal Sultra menggunakan enam bus full AC,” tambah Emilia Ningsih.

Begitu tiba di tenda Makhtab 12 Kloter 8 UPG, langsung melaksanakan salat Jamaq, Zuhur dan Asar. Saat ini jemaah haji tengah istirahat menantikan waktu Wuquf di tenda. “Dan alhamdulillah, kondisi jemaah haji secara umum sehat wal afiat. Fasilitas layanan jamaah haji di Arafah sangat terjamin. Saat tiba di Arafah, jemaah langsung disuguhkan makan siang khas nusantara, buah dan cemilan,” tutur Emilia Ningsih.

Emilia Ningsih bersyukur, seluruh jemaah haji tiba dengan selamat dan dalam kondisi yang sehat. Setelah mendapatkan arahan dari ketua kloter, seluruh jemaah bersiap untuk melaksanakan puncak haji. "In Sya Allah seluruh persiapan sudah ada. Kami siap melaksanakan wukuf," pungkas jemaah haji asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) itu.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra Zainal Mustamin mengungkapkan, seluruh jemaah haji Sultra tiba di Arafah sekira pukul 17.30 waktu Arab Saudi.

Setibanya di Arafah, seluruh jemaah diminta untuk mempersiapkan diri mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) mulai 8 sampai 13 Dzulhijjah 1443 hijriah. "Alhamdulillah jemaah kita tiba di Arafah. Seluruh jemaah dalam kondisi sehat," ujar Zainal Mustamin kepada Kendari Pos, Kamis, kemarin.

Zainal berharap, seluruh jemaah mengikuti dan menyimak instruksi dari pendapamping haji atau ketua kloter agar seluruh rangkaian haji bisa dilaksanakan dengan baik sesuai dengan syariat.
Mantan Kepala Kantor Agama Kota Kendari ini berpesan kepada seluruh jemaah untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kondisi fisiknya jelang puncak haji mulai Jumat 8 Juli 2022 atau 9 Dzulhijjah (hari ini,red) sampai Sabtu 9 Juli subuh atau 10 Dzulhijjah.

"Cuaca di Arafah saat ini sangat panas (40 derajat), apalagi jemaah akan menempuh jarak yang cukup jauh menuju lokasi ibadah. Saya doakan seluruh jemaah kita bisa melewatinya. Tetap jaga kesehatan, jaga kekompakkan sehingga bisa menjadi haji yang mabrur," ungkap Zainal Mustamin.(ags/b/lia)

  • Bagikan

Exit mobile version