Dua Calon Wakil Bupati Koltim Diserahkan ke Pemkab

  • Bagikan
Sekda Koltim Andi Muh. Iqbal Tongasa (dua dari kanan) menerima rekomendasi nama calon Wakil Bupati Koltim dari PDIP, Gerindra, PAN dan Demokrat di Kantor Bupati Koltim, Kamis (7/7), kemarin. Tampak Ketua Demokrat Koltim Muh. Jabal (kiri), Ketua Gerindra Koltim Amin W (kedua dari kiri), Ketua PDIP Koltim Aris Mego (ketiga dari kiri), dan Sekretaris PAN Koltim Risman Kadir (ketiga dari kanan).

Berebut Suara DPRD

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Lama tak berpenghuni. Kursi Wakil Bupati Kolaka Timur (Wabup Koltim) segera punya pemilik. Empat partai politik, PDI Perjuangan (PDIP), PAN, Gerindra dan Demokrat, menyodorkan dua nama calon wakil bupati figur kepada Pj.Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas melalui Sekda Koltim, Andi Muh.Iqbal Tongasa, kemarin.

Dua nama figur calon wakil bupati sisa masa jabatan 2021-2026 itu adalah Diana Massi dan Abdul Azis. Nama keduanya diterima Pj.Bupati Koltim Sulwan Aboenawas melalui Sekda Koltim Andi Muh.Iqbal Tongasa. Selanjutnya, nama Diana Massi dan Abdul Azis akan diteruskan kepada Panitia Pemilihan Wakil Bupati di DPRD Koltim. Calon wakil bupati itu akan berebut suara anggota DPRD saat bertarung dalam pemilihan wakil bupati di DPRD Koltim.

Sekda Koltim Andi Muh. Iqbal Tongasa mengatakan, surat rekomendasi dua nama calon Wakil Bupati Koltim itu akan disampaikan kepada Pj.Bupati Koltim. Sesuai regulasi, rekomendasi empat partai politik pengusung pemenang di Pilkada akan diserahkan kepada panitia pemilihan. "Kita akan proses sesuai aturan yang berlaku," kata Andi Muh.Iqbal Tongasa, Kamis, kemarin.

Ketua DPC Partai Gerindra Koltim, Amin W merinci berkas yang diserahkan adalah surat pengusulan dua calon Wakil Bupati Koltim, berita acara, tanda tangan gabungan empat parpol, rekomendasi dari parpol pengusung dan surat Ketua DPRD tentang pengusulan calon wakil bupati.

"PDIP merekomendasikan Hj. Diana Massi, sedangkan Partai Gerindra, PAN dan Demokrat merekomendasikan Abdul Aziz. Kita buat surat tanda terima sebagai bukti sudah penyerahan berkas," ujar Amin kepada Kendari Pos.

Ketua DPC PDIP Koltim, Aris Mego mengatakan, DPP PDIP merekomendasikan Diana Massi menjadi calon Wakil Bupati Koltim sisa masa jabatan periode 2021-2026. "Komunikasi politik dengan partai non pengusung terus dilakukan untuk memenangkan Hj.Diana Massi. Saya optimistis PDIP bisa memenangkan pemilihan di DPRD Koltim," tegas Aris Mego.

Ketua DPD Demokrat Koltim, Muh. Jabal berharap, dua calon Wakil Bupati Koltim dapat mempertahankan dan menjaga kondusivitas daerah dalam menghadapi pemilihan di DPRD nanti. "Koalisi Demokrat, Gerindra dan PAN siap memenangkan Abdul Aziz sebagai Wakil Bupati Koltim, " ujarnya.

Sekretaris DPD PAN Koltim, Risman Kadir mengatakan, partai pengusung yang merekomendasikan figur yang diusung harus optimistis dapat memenangkan pemilihan wakil bupati. "Kami berharap, pelaksanaan pemilihan di DPRD berjalan lancar dan aman dan pemilihan lebih cepat lebih baik dilaksanakan," timpal Risman.

Terpisah, Sekretaris Panitia Pemilihan Wakil Bupati Koltim, Abraham mengaku telah menerima tembusan surat perihal rekomendasi dua nama. "Tembusan nama calon wakil bupati sudah kami terima," kata Abraham. (kus/b)

  • Bagikan