Surunuddin Meningkatkan Jumlah Desa Maju

  • Bagikan
Bupati Konsel Surunuddin Dangga dalam kegiatan penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sultra di Desa Tambosupa, Kecamatan Moramo, Selasa (5/7), kemarin.


Desa Tertinggal Menurun, Tambosupa Duta Konsel dalam Lomba Desa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Membangun dari desa dengan tagline Desa Maju Konawe Selatan (Konsel) Hebat sudah tujuh tahun berjalan dalam komando Bupati Konsel Surunuddin Dangga. Satu persatu desa di teritorial Bupati Surunuddin berbenah. Pemerintah Kabupaten Konsel dan pemerintah desa bersinergi, bahu membahu membawa daerah semakin kuat dan masyarakatnya sejahtera.

Dengan konsep itu pula, Kabupaten Konsel terus berkembang dan bergerak maju dalam berbagai sektor pembangunan. Salah satu indikatornya adalah meningkatnya desa berstatus maju dan menurunnya jumlah desa tertinggal. Kini tersisa 11 desa tertinggal dari 285 desa yang ada di Konsel.

Bupati Surunuddin mengaatakan, pembangunan wilayahnya berbasis pedesaan. Dia tak henti mendorong pembangunan desa sesuai potensi masing-masing. "Tak hanya dalam hal ekonomi dan sumber daya alam, potensi dari sisi sosial dan budaya juga harus ditingkatkan. Termasuk mencetak desa wisata, desa digital, bahkan desa devisa," ujarnya dalam kegiatan penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sultra di Desa Tambosupa, Kecamatan Moramo, Selasa (5/7), kemarin.

Bupati Konsel dua periode itu menegaskan dalam penerapan pelayanan berbasis digital, desa-desa yang ada di Konsel harus belajar di Desa Tombasupa. Karena desa tersebut sudah menerapkan dan terbukti memudahkan masyarakat. Salah satunya pengurusan surat menyurat secara online.

Terkait lomba desa, orang nomor satu di Kabupaten Konsel itu mengungkapkan kesiapan dan kekompakan pemerintah desa dan masyarakat Desa Tambosupa merupakan wujud dari Desa Maju Konsel Hebat.

Desa Tambosupa menjadi duta Konsel pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Sultra. Bupati Surunuddin memuji semangat kegotongroyongan dan keteguhan seluruh lapisan masyarakat Desa Tombasupa untuk meraih gelar juara lomba desa tingkat provinsi.

"Kerja seluruh lapisan masyarakat Tambosupa dan desa - desa yang ada di Kecamatan Moramo bukti sinergi yang sebenarnya. Mereka yang jadi panitia tapi, jika nanti berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Sultra maka tentu saja saya dan kawan-kawan di DPRD Konsel akan turun lagi lebih maksimal," ungkapnya.

Di ajang lomba desa tingkat provinsi ini, Desa Tambosupa menampilkan sejumlah pertunjukan seni khas etnis Tolaki seperti Tari Lariangi, Tari Modinggu, paduan suara, gambus tradisional dan modern, selawatan dan sajian kuliner yang melibatkan belasan desa se-Kecamatan Moramo. (ndi/b)

  • Bagikan