Pendaftar PPDB SMAN 5 Kendari Melebihi Kuota

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - SMAN 5 Kendari menjadi primadona dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sekolah yang dinakhodai Sofyan Masulili itu "diserbu" calon siswa baru. Kuota tersedia hanya 396 siswa. Namun, jumlah pendaftar hampir dua kali lipat jumlahnya.

Kepala SMA Negeri 5 Kendari, Sofyan Masulili tak menampik, jika animo masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan cukup tinggi. Selain melebihi kuota, juga banyak pendaftar berasal dari luar Kota Kendari. "Ada peserta dari luar Kota Kendari yang memilih jalur prestasi, afirmasi maupun jalur mutasi orang tua," ungkapnya.

Berhubung kuota (PPDB) terbatas yakni hanya sekira 396 siswa, Sofyan meminta peserta didik yang belum tercover untuk bersabar dan mencari alternatif satuan pendidikan setara. Bahkan, dirinya menyarankan agar masyarakat bisa memilih satuan pendidikan SMK.

Sofyan Masulili

"Di Kendari cukup banyak SMK. Ada SMK Pertambangan, SMK Pertanian, SMK Kelautan, SMK Kesehatan. Ini bisa jadi pilihan tepat," jelasnya.

Melihat tingginya animo masyarakat yang bersekolah di SMA Negeri 5 Kendari, Ia meminta pemerintah bisa meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Misalnya pembangunan ruang kelas belajar (RKB) baru.

"Saat ini, kami sementara membangun 6 RKB baru. Mudah-mudahan ke depan bisa bertambah lagi. Sehingga, bisa mengakomodir masyarakat sekitar yang ingin bersekolah. Bagaimana pun juga, tidak boleh ada anak yang putus sekolah," pungkasnya. (b/ags)

  • Bagikan