Tafdil Beberkan Karya Pembangunan

  • Bagikan
Bupati Bombana Tafdil


--Dalam Rapat Paripurna DPRD, Pengumuman AMJ Kepala Daerah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Masa jabatan Bupati Bombana, Tafdil dan Wakil Bupati Johan Salim akan berakhir 22 Agustus 2022.
DPRD Bombana menggelar rapat paripurna pengumuman akhir masa jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Bombana periode 2017-2022, Senin (4/7), kemarin. Dalam forum itu, Bupati Tafdil ungkap persembahan karya pembangunan selama memimpin Bombana.

Bupati Tafdil dan Wakilnya Johan Salim memimpin daerah dengan mengusung visi mewujudkan Bombana Sejahtera (Munajah). Visi itu dijabarkan dalam lima misi yakni, melanjutkan percepatan infrastruktur, melanjutkan reformasi birokrasi, melanjutkan pembangunan ekonomi, melanjutkan upaya peningkatan kualitas SDM dan melanjutkan pemantapan pembangunan budaya Bombana.

Visi misi tersebut diimplementasikan dalam tujuh program strategis pembangunan dengan tagline Gembira. Gembira Desa/Kelurahan dan Kecamatan, Gembira Pengentasan Kemiskinan (Taskin), Gembira Terang, Gembira Kerja, Gembira Sehat, Gembira Cerdas, dan Gembira sejahtera.

Dihadapan anggota DPRD, Bupati Bombana dua periode itu menyebut, dalam kurun empat tahun delapan bulan memimpin, telah berbagai program yang dilakukannya untuk memberikan kesejahteraan masyarakat Bombana.

"Dalam bidang infrastruktur, membangun jalan sekira 143 kilometer, pemeliharaan jalan sekira 135 kilometer, membangun jembatan 37 unit, pemeliharaan jembatan sebanyak 29 unit dan pengaspalan jalan," ujar Bupati Tafdil.

Bupati Bombana Tafdil (dua dari kiri), Wakil Bupati Johan Salim (kiri), Ketua DPRD Bombana, Arsyad (tengah), Wakil Ketua I DPRD Ardi (dua dari kanan) dan Wakil Ketua II DPRD Iskandar (kanan) saat rapat paripurna istimewa pengumuman AMJ Bupati dan Wakil Bupati Bombana, Senin (4/7), kemarin.

Tak hanya membangun infrastruktur jalan, Bupati Tafdil membangun beberapa gedung pelayanan publik. Ada gedung perpustakaan dan arsip hingga merehabilitasi gedung serbaguna menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP).

"Saat ini, gedung MPP digunakan warga Bombana untuk mendapatkan layanan yang cepat, tepat dan transparan. MPP Bombana ini juga menjadi satu-satunya MPP di Sultra. Alhamdulillah, kehadiran MPP ini, Kabupaten Bombana berhasil meraih penghargaan dari Kemenpan RB dan Ombudsman RI,” ungkap Bupati Tafdil.

Dari sisi pembangunan ekonomi, Bupati Tafdil membangun jalan produksi pertanian sekira 66,3 kilometer. Baginya Bupati Tafdil, jalan produksi ini merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bombana.

Selain membangun jalan produksi, Bupati Tafdil telah membangun rumah layak huni lebih dari 6.000 unit. Rinciannya, pembangunan baru sekira 2.894 unit, dan meningkatkan kualitas dari rumah tidak layak huni menjadi layak huni sekira 3.257.

Tak hanya memberikan hunian yang layak, Bupati Tafdil juga telah memberikan bantuan sambungan listrik kepada 2.671 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di seluruh Kabupaten Bombana. “Semua program ini diperuntukan untuk warga Bombana yang dari segi ekonominya kurang,” terang Bupati Tafdil.

Selain memenuhi kebutuhan hidup warganya yang kurang mampu, Bupati Tafdil mendorong kualitas SDM warganya dalam melalui pendidikan. Berbagai program beasiswa dihadirkan. Seperti, memberikan bantuan beasiswa bidikmisi, gembira cerdas yang jumlahnya mencapai 4.348 mahasiswa yang tersebar di berbagai universitas di Indonesia, beasiswa vokasi sebanyak 250 orang.
Bupati Tafdil memudahkan warganya mendapat kesempatan pelayanan pendidikan. Dia menghadirkan Politeknik Bombana. Selain dunia pendidkan, suami dari Hj. Andi Nirwana itu memberikan perhatian serius dalam bidang kesehatan warga Bombana, dengan menghadirkan 11 unit Puskesmas megah.

“Kami juga telah membangun rumah sakit (RS) Tanduale. In Sya Allah bakal kita resmikan pada awal Agustus 2022. Gedung rumah sakit ini memadai. Bahkan ke depan kita harapkan bakal menjadi rumah sakit rujukan di Sultra. Terlebih lagi, saat ini kita memiliki 21 dokter spesialis,” jelas Bupati Tafdil.

Beberapa perkembangan Kabupaten Bombana yang dicapai secara makro yang mendukung kebijakan nasional dan provinsi. Sebut saja, pertumbuhan ekonomi 3,5 persen berkontribusi pada angka 85,37 persen dalam pertumbuhan ekonomi Sultra. "IPM naik 66,25 persen, tingkat pengangguran terbuka menurun 3,17 persen, dan tingkat kemiskinan menurun 10,76 persen," tutur Bupati Tafdil.

Berbagai kinerja yang dilakukan duet Bupati Tafdil dan Wakil Bupati Johan Salim, terlihat dari berbagai torehan penghargaan yang diraih. Sekira 44 jenis penghargaan diraih selama keduanya memimpin. Rinciannya, penghargaan nasional sebanyak 32 jenis penghargaan, penghargaan tingkat regional sebanyak lima jenis dan tingkat provinsi sebanyak tujuh jenis. “Berbagai raihan penghargaan ini diraih, tentu atas kerja dan dedikasi seluruh elemen masyarakat Bombana,” pungkas Bupati Tafdil.(idh/b)

  • Bagikan