Bupati Konsel Instruksikan Pemdes Inventarisasi Aset

  • Bagikan
H. Surunuddin Dangga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Basis pembangunan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dipusatkan di desa. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengajak Pemerintah Desa mengoptimalkan kinerja dan tata kelola birokrasi. Salah satunya meningkatkan kapasitas aparatur dalam pengelolaan aset desa. Bupati dua periode itu meminta para kepala desa, khususnya 86 pejabat yang baru dilantik beberapa waktu lalu, untuk menginventarisasi aset-aset yang ada di wilayah masing-masing, supaya terdata dan tertata dengan baik. "Kami perintahkan camat untuk memfasilitasi Kades yang baru dilantik untuk melakukan serah terima jabatan (Sertijab). Agar ada batasan mengenai aset desa," kata Surunuddin, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ia menekankan, jika ditemukan ketidaksesuaian aset, maka akan ada sanksi kepada oknum dimaksud. Termasuk menjaga dan memelihara fasilitas desa yang dibeli dengan uang negara. "Ya, tentunya kalau pelanggaran, saya akan minta instansi berwenang untuk memeriksa. Apalagi sekarang kita sudah MoU dengan Kejaksaan. Ada Kades yang bandel, kita surati kejaksaan untuk lakukan penindakan," tegas Konsel-1 tersebut.

Lebih lanjut Surunuddin mengingatkan Kades agar mengelola uang negara sebaik-baiknya. Uang rakyat harus direalisasikan dengan transparan dan akuntabel.

"Kembangkan potensi yang ada di desa masing-masing, serta berinovasi. Jangan hanya mengharap anggaran DD. Desa dituntut berinovasi agar menghasilkan pendapatan melalui pengembangan potensi yang ada," pintanya. (c/ndi)

  • Bagikan