Akhir Juli, UHO Kembali Gelar Wisuda

  • Bagikan
REKTOR UHO : Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M. Si., M. SC Rektor UHO

Batas Akhir Yudisium 18 Juli 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Halu Oleo (UHO) bakal kembali menggelar wisuda periode Juli. Hal ini berdasarkan, peraturan Rektor nomor 1 tahun 2019 tentang peraturan akademik di lingkungan UHO. Juga sesuai kalender akademik UHO semester ganjil tahun 2021/2022. Ketentuannya, bakal dilakukan wisuda untuk program doktor, magister, profesi dokter, profesi Apoteker, program pendidikan profesi guru, sarjana dan pendidikan vokasi pada periode April hingga Juli 2022.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, wisuda periode April sampai Juli 2022, bakal digelar pada akhir Juli. "Kami sudah siapkan skenarionya. Gladi wisuda bakal digelar 25 Juli 2022. Sementara wisuda, dilaksanakan 28 Juli, " kata Prof. Zamrun, kemarin.

Ketua PSSI Sultra itu menambahkan, dalam wisuda kali ini, diberikan batas waktu yudisium hingga 18 Juli. Selain itu, untuk penomoran ijazah nasional dan verifikasi ijazah secara elektronik sudah dapat dilakukan sejak 14 Juni hingga 19 Juli 2022.

"Ikuti prosedur yang telah ditetapkan, dalam batas yudisium dan penomoran ijazah. Serta verifikasi ijazah elektronik. Sebab, bila lewat waktu, maka belum bisa mengikuti wisuda periode ini," jelasnya.

Lanjut dia, mahasiswa dapat diyudisium dan diusul sebagai calon peserta wisuda, apabila telah memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya, mahasiswa akhir itu harus terdaftar secara valid di data siakad UHO (http://siakad.uho.ac.id/). Maupun pada pangkalan data pendidikan tinggi (https://ppdikti.kemdikbud.go.id/), sesuai hasil validasi yang dilakukan jurusan atau program studi (Prodi) masing-masing.

Selain itu, kata dia, mahasiswa yang akan wisuda harus menyerahkan hasil print draf transkrip nilai dan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) yang diperoleh melalui http://admin.uho2is.id.

"Kemudian, mereka harus menyerahkan bukti asli berita acara penyerahan skripsi atau tesis dari UPT kearsipan UHO ke jurusan atau prodi masing-masing fakultas lingkup UHO," bebernya.

Lebih jauh Prof Zamrun menjelaskan, mahasiswa yang mendaftar wisuda secara online harus sudah eligibel dan memiliki nomor PIN melalui tautan http://wisuda.uho.ac.id/ pada 14 Juni hingga 19 Juli 2022.

"Mahasiswa yang sudah eligibel dan memiliki PIN serta sudah diyudisium wajib mendaftar sebagai peserta calon wisudawan. Ini harus dilakukan secepatnya, " terangnya.

Sementara itu, calon wisudawan/wisudawati yang telah mendaftar online agar merampungkan dan menyetor berkas kelengkapan bahan penulisan ijazah. Serta menyerahkan bukti berita acara penyerahan skripsi atau tesis di UPT kearsipan UHO ke Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) mulai 18 Juni sampai 19 Juli.

"Pengumuman hasil verifikasi mahasiswa yang bakal ikut wisuda akan dilaksanakan pada 22 Juli pukul 16.00 Wita melalui laman resmi UHO yakni http://uho.ac.id," ujarnya.

periode April-Juli ini dilaksanakan dengan tetap menggunakan media rapat virtual. Tetapi proses penyerahan ijazah, transkripsi nilai, dan SKPI tetap dilaksanakan dengan tatap muka langsung secara terbatas di fakultas atau prodi masing-masing. "Namun tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang ketat, " pungkasnya. (b/rah)

  • Bagikan