Pemkab Siapkan Lahan Bangun Kantor Kejari

  • Bagikan
SINERGI: Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup (tiga kiri), Kajati Sultra Raimel Jesaja (empat kanan) bersama jajaran pimpinan OPD Buteng.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) akan dibangun di
Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menghibahkan lahan seluas tiga hektar di kawasan Perkantoran Labungkari untuk membangun kantor korps adhyaksa itu.

Penjabat (Pj) Bupati Buteng, Muhammad Yusup mengatakan, pemberian lahan sebagai bentuk dukungan Pemkab Buteng untuk mempercepat pembentukan Kejari Buteng yang telah lama dinantikan masyarakat selama ini.

“Pemkab Buteng telah menghibahkan lahan seluas tiga hektare di kawasan perkantoran Labungkari. Ini sebagai bentuk dukungan terhadap penegakan hukum di wilayah BUteng,” ujar Muhammad Yusup saat menyambut Kajati Sultra Raimel Jesaja, kemarin.

Kata Muhammad Yusup, kehadiran Kejari akan memudahkan masyarakat dalam pelayanan hukum. Pasalnya, selama ini warga harus berurusan ke Kejari Buton di Pasarwajo yang cukup jauh. Sebelum menempuh jarak puluhan kilometer, mereka harus menyeberang laut menuju Kota Baubau. Ini semua membutuhkan biaya yang besar.

Selain Kantor Kejaksaan, lanjutnya, kantor Polres Buteng dan Kodim Buteng juga akan dibangun. Untuk Polres, Pemkab menghibahkan lahan seluas 10 hektar.
Total lahan yang akan menjadi kawasan Perkantoran Labungkari seluas 140 hektare yang telah dihibahkan masyarakat Buteng pada saat pengusulan pemekaran Buteng dulu.

"Awalnya 400 hektar, namun tersisa 140 hektar saja. Ini tinggal kita sertifikasi," pungkasnya.

Sementara itu, Kajati Sultra Raimel Jesaja mengapresiasi langkah Pemkab Buteng tersebut. Pihaknya akan segera mengkomunikasikan hal itu ke Kejagung sembari Pemkab melakukan pematangan lahan.

“Terkait Kantor Kejari, nantinya kita bangun dulu gedungnya, setelah itu sarana dan prasarananya sesuai dengan kemampuan,” ujarnya. (uli/b)
  • Bagikan

Exit mobile version