Pemotongan Hewan Kurban Diprediksi Capai 1.700 Ekor

  • Bagikan
Sahuriyanto

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari Raya Idul Adha tinggal sepekan. Momentum istimewa itu biasanya dimanfaatkan warga untuk berkurban. Dinas Pertanian Kota Kendari memprediksikan jumlah hewan yang bakal disembelih mencapai 1.700 ekor.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto mengungkapkan ribuan ekor hewan kurban yang disembelih terdiri dari sapi dan kambing. Prediksi tersebut berdasarkan jumlah pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Kendari tahun sebelumnya yang mencapai 1.700 ekor. "Jumlahnya sama (tahun lalu)," ujarnya, kemarin.

Hewan kurban yang disembelih di Kendari sebagian besar berasal dari Konawe Selatan. Hal tersebut dikarenakan potensi hewan kurban khususnya sapi di Konsel yang cukup tinggi. Di sisi lain adanya kerja sama perdaganan antara Pemkot Kendari dan Pemkab Konsel membuat distribusi sapi di Kota Kendari berjalan baik.

Ia memastikan hewan kurban yang masuk di Kendari bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sebagai bentuk pencegahan, pihaknya telah membentuk tim penanaganan PMK yang bertugas untuk mengecek kondisi kesehatan sapi saat masuk Kendari hingga menjelang penyembelihan.

"Kami sudah kerja sama dengan persatuan dokter hewan. Di Dinas Pertanian juga ada empat dokter hewan. Kami juga kerja sama dengan Balak Karantina Hewan untuk memastikan hewan kurban bebas PMK," kata Sahuriyanto. (b/ags)

  • Bagikan