Launching Dapur Sehat, Upayakan Pemenuhan Gizi

  • Bagikan
ILUSTRASI MENU MAKANAN SEIMBANG

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upaya pencegahan dan penurunan kasus stunting di Kolaka Timur (Koltim) terus menjadi fokus kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Harapannya, bisa menekan laju pertumbuhan stunting hingga di bawah target prevalensi nasional, 14 persen pada tahun 2024. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Koltim, Hj. Ulfawati, menyampaikan, dalam rangkaian hari keluarga nasional (Harganas) ke-29 tahun ini, Pemkab Koltim melaunching dapur sehat cegah stunting pada salah satu kampung keluarga berencana di Desa Kesio, Kecamatan Lalolae.

Mantan Kadis Kesehatan Koltim itu menjelaskan, dapur sehat merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting. Mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, Balita dan keluarga kurang mampu. "Edukasi pada masyarakat terus kita galakan supaya mereka mengerti pentingnya pemenuhan gizi seimbang. Kegiatan ini dipadukan dengan kemitraan serta peran dari Unit Pelaksana Teknis Dinas yang ada di 12 kecamatan. Saya harap semua bisa dimaksimalkan sosialisasi, sehingga gizi buruk bisa ditekan," kata Ulfawati, Rabu (29/6).

Sementara itu, Asisten I Setkab Kolti, Ld. Ishak, mengatakan, stunting merupakan masalah serius yang harus ditangani dengan baik dan terencana oleh Pemerintah Daerah, melalui dinas teknis. "Peran DPPKB sangat penting untuk membantu masyarakat, makanya harus terus ditingkatkan," katanya. (c/kus)

  • Bagikan

Exit mobile version