Jalan Kendari-Toronipa Ditarget Rampung Agustus

  • Bagikan
Burhanuddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Progres pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa telah mencapai 90 persen. Proyek jalan sepanjang 14 kilometer yang digagas duet Ali Mazi-Lukman Abunawas itu ditarget rampung Agustus 2022 mendatang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga terus menggenjot pengerjaan jalan tahap dua sepanjang 11 kilometer dengan anggaran Rp 788 miliar.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin mengatakan, progres pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa saat ini agak terhambat karena kondisi cuaca. Kendati demikian, pihaknya optimistis proyek itu selesai sesuai target.

"Mudah-mudahan satu dua hari ini sudah mulai kencang lagi kerjanya, karena kendala di lapangan tinggal cuaca. Semua material sudah ada dilapangan sekarang, tinggal memasang saja," ujarnya, (29/6).

Mantan Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton Utara (Butur) ini menambahkan, berdasarkan jadwal, jalan wisata Kendari-Toronipa akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo. Termasuk, program prioritas Gubernur Ali Mazi, yakni Rumah Sakit Jantung dan Perpustakaan Modern.

"Itu direncanakan dalam tahun ini bapak Presiden bisa berkenan untuk meresmikan seluruh proyek strategis Gubernur," ungkapnya. Dengan berfungsinya jalan wisata Kendari-Toronipa nanti, akan muncul tempat-tempat perekonomian baru di daerah itu. Karena nanti kita akan konektivitaskan masuk ke daerah batu gong. "Itu nanti kita akan benahi. Toronipa ini kita jadikan tempat transit tempat-tempat wisata di Sultra," tandasnya. (m4/b)

  • Bagikan

Exit mobile version