Kemenag Lampaui Target 1.000 Hewan Kurban

  • Bagikan
ILUSTRASI PERSIAPAN HEWAN KURBAN

1.026 Kurban Telah Terkumpul

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Target 1.000 hewan kurban oleh Kemenag Sultra tahun ini, tercapai. Gerakan Kemenag Berkurban yang digagas Zainal Mustamin itu telah mengumpulkan 1.026 ekor hewan kurban.

Kepala Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin mengatakan, ketika ingin hidup tentram, selain zikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga harus menganulir rasa kikir. Kurban yang saat ini digalakkan Kemenag Sultra, dinilai sebagai bagian dari menganulir rasa kikir. “Karena dalam diri manusia selalu dominan adanya sifat kikir dan enggan berbagi,” tuturnya.

Katanya, semangat berkurban telah melampaui target kurban yang ditetapkan tahun ini. Saat ini sudah terkumpul 1.026 ekor hewan kurban dari 1.000 ekor target. Mantan Kepala Kemenag Kota Kendari ini mengimbau agar daftar distribusi kurban segera dilaporkan dengan mengacu pada Surat Edaran Menag yang terbaru, tentang panduan Salat Idul Adha dan Kurban. Penyembelihan, penyaluran/ distribusi hewan kurban bisa dilakukan melalui lembaga-lembaga seperti Lembaga Amil Zakat atau organisasi masyarakat yang memenuhi ketentuan.

“Hal yang perlu kita perhatikan, terkait kurban yang terkumpul ini. Yakni kurban melalui kantor masing- masing yang dilakukan oleh unit kantor atau sekolah. Kedua, kurban yang dikumpulkan oleh keluarga ASN yang berkumpul dalam komunitas di luar kantor, yang bisa didistribusikan langsung oleh yang berkurban. Akan tetapi yang terkumpul melalui kantor dapat disalurkan melalui lembagalembaga amil zakat dan ormas keagamaan,” pungkasnya. (m4/c)

  • Bagikan