Disnakertrans Siapkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha

  • Bagikan
ILUSTRASI BANTUAN BAGI PELAKU USAHA

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) terhadap kelompok usaha ekonomi produktif di Bumi Sorume kian ditingkatkan. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan stimulan pada kelompok usaha masyarakat, seperti usaha perbengkelan, pertukangan dan alat jahit. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Koltim, Bio Mansur, mengungkapkan, tahun ini Pemkab juga sudah menyiapkan bantuan stimulan kepada pelaku usaha ekonomi produktif melalui dana alokasi umum (DAU) anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2022.

"Bantuan ekonomi produktif ini sangat tepat disalurkan pada kelompok usaha, supaya bisa produktif dan meningkatkan pendapatan. Jika pendapatan naik maka kesejahteraan masyarakat bisa meningkat sehingga tugas pemerintahan bisa terwujudkan," kata Bio Mansur, Selasa (28/6). Ia harap bantuan stimulan tersebut nantinya bisa digunakan sebaik mungkin dan dimanfaatkan sesuai fungsinya.

"Pemkab hanya menyalurkan kepada kelompok usaha. Selanjutnya merekalah yang memanfaatkan dan merawatnya," sambung Bio Mansur. Ia merinci, ada sebanyak 24 kelompok usaha yang akan diberi bantuan. Sekitar delapan kelompok perbengkelan, sisanya untuk kelompok tukang jahit dan pertukangan. Sementara anggaran khusus perbengkelan Rp 160 juta tiap usaha dan yang lainnya dikondisikan sesuai perencanaan awal.
"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan tahun ini bisa bermanfaat dan memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan usaha di Koltim. Setiap tahunnya, Disnakertrans memberikan bantuan kepada kelompok usaha yang benar-benar membutuhkan dengan memperhatikan permohonan dan usulan yang masuk," tandasnya. (c/kus)

  • Bagikan

Exit mobile version