Desa Dibangun, Wawonii Bangkit

  • Bagikan
H. Amrullah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya mewujudkan visi Wawonii Bangkit (Berkembang, Kompetitif dan Tangguh). Daerah otorita H. Amrullah itu mendorong percepatan pembangunan pedesaan di Pulau Wawonii.

Bupati Konkep, H. Amrullah, mengatakan salah satu upaya dalam mendorong pembangunan desa yakni melibatkan masyarakat dalam kegiatan lomba desa di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional."Perlombaan desa untuk mengevaluasi dan menilai sejauh mana perkembangan dan keberhasilan pembangunan desa selama satu tahun dengan membandingkan data perkembangan desa selama dua tahun terakhir. Tentunya berdasarkan data profil desa sesuai dengan indikator penilaian yang ada," jelasnya.

Bupati Konawe dua periode tersebut mengatakan pada lomba desa, Pemkab dapat memberikan perhatian serius dengan melakukan pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat secara berkesinambungan demi mewujudkan desa berkembang dan maju.

"Dengan memberikan perhatian yang lebih serius terhadap pembangunan desa, kita harapkan bisa mewujudkan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta keswadayaan dan gotong royong yang tinggi di kalangan masyarakat yang semuanya bermuara pada kesejahteraan bersama," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sultra, Syaefullah selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Sultra mengatakan demi mendorong desa berkembang, diperlukan intervensi Pemkab dalam mengawal pelaksanaan roda pemerintahan di tingkat desa."Pemkab harus memantau sejauh-mana peningkatan atau perkembangan desa-desa yang ada. KKalau desa yang cepat berkembang berarti pemerintahannya berjalan dengan baik, kalau desa yang tidak berkembang atau lambat berkembang perlu diintervensi Pemkab," jelasnya. (umar)

  • Bagikan

Exit mobile version