86 Kades Terpilih Dilantik Hari Ini

  • Bagikan
MERANGKUL RIVAL : Kades terpilih hasil Pilkades serentak di Konsel pada bulan lalu akan segera dilantik. Sebelumnya, jelang pemilihan, Pemkab melaksanakan penandatanganan pakta integritas bagi sejumlah calon Kades di Auditorium kantor bupati.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 86 kepala desa terpilih pada Pilkades serentak Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada 22 Mei lalu, segera dilantik. Panitia memastikan telah merampungkan segala hal terkait pengukuhan jabatan yang akan berlangsung di aula auditorium kantor Bupati Konsel, Rabu (29/6), hari ini. Kepastian tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Annas Mas`ud. Ia mengatakan, pelantikan berdasarkan Keputusan Bupati Konawe Selatan nomor 141/167 tahun 2022 tentang penetapan tahapan hari dan tanggal pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2022.

"Iya benar, besok (hari ini) pelantikan. Jika tidak ada halangan, Pak Bupati yang akan melantik secara langsung," ungkapnya, Selasa (28/6).
Annas berharap, kepala desa yang dilantik dapat merangkul rival dan masyarakat yang bukan pendukung pada pemilihan lalu. Sehingga mau bekerja sama untuk membangun desa. "Kami juga mengimbau kepala desa dapat mengefektifkan pengelolaan dana desa dengan membuat kegiatan yang produktif, misal antara lain pengelolaan BUMDes dan penyediaan penyertaan modal," jelasnya.

Tak hanya itu, Kades ditantang mampu memanfaatkan potensi yang ada di wilayah masing-masing. Mulai dari membudidayakan tanaman berorientasi ekspor atau pemenuhan kebutuhan pabrik yang ada di Konsel.
"Antara lain budi daya tanaman kelapa dalam, sawit, tanaman porang, ubi kayu, nilam dan berbagai tanaman produktif lainnya," sebutnya. Kades terpilih juga diajak mendukung program nasional untuk penanganan stunting, penanganan Covid-19 dan program lainnya. Lalu mengefektifkan kegiatan ketahanan pangan.

"Agar masyarakat desa utamanya masyarakat miskin memiliki ketahanan pangan yang baik, sehingga memiliki gizi bagus agar kasus stunting dapat ditekan," ujarnya. (c/ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version