347 Pendaftar SMKN 4 Kendari

  • Bagikan
Dr. Herman

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berakhir 30 Juni 2022. Setidaknya, hingga Senin (27/6), 347 calon siswa telah mendaftarkan diri di SMKN 4 Kendari dengan berbagai pilihan program keahlian atau jurusan. Di antaranya, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Griya Bakti dan Tekstil, Kriya Kayu dan Rotan, Broadcasting & Perfileman serta Desain Komunikasi Visual (DKV).

Kepala SMK 4 Kendari, Dr. Herman mengatakan lembaganya membuka 13 rombongan belajar (Rombel) dengan 32 siswa setiap kelas, tahun ini.

‘’TKJ dan Broadcasting masing – masing 3 kelas, RPL dan DKV, Griya Bakti dan Tekstil masing masing 2 kelas. Sedangkan Kriya Kayu dan Rotan hanya 1 kelas,’’ kata Herman di ruang kerjanya , Senin (27/6).

Tiga tahun terakhir, ia mengungkapkan, TKJ dan RPL, paling diminati pendaftar. Sementara, Kriya Kayu dan Rotan, sepi peminat. Karenanya, sebelum PPDB, ia melakukan sosialisasi di SMP penyokong yang ada di sekitar sekolah. Selain itu, setiap siswa yang mendaftar dan lulus akan digratiskan. Termasuk pakaian praktek dan baju batik. Sehingga bisa menarik minat untuk mendaftar di jurusan tersebut.

“Sebenarnya jurusan Kriya Kayu dan Rotan ini sangat potensial karena merupakan jurusan terapan, yang begitu mereka selesai bisa langsung diterapkan di dunia kerja,” ujar Herman.

Saat ini, menurutnya, masyarakat beranggapan jika Jurusan Kriya Kayu akan jadi tukang kayu dan petani setelah lulus. Paradigma itu harus diubah, karena jurusan itu sangat dibutuhkan misalnya, pelayaran dan pertaniaan.

"Alumni jurusan ini masih sangat kurang, sedangkan ada beberapa jurusan yang memiliki banyak alumni tetapi belum terserap di dunia kerja. Anak-anak yang masuk di SMK, bisa mengasah keterampilan dan potensinya sehingga bisa bersaing di dunia kerja,” tutup Herman. (Na/c)

  • Bagikan

Exit mobile version