Temui Petani, Salurkan Benih dan Alsintan

  • Bagikan
KEMBANGKAN PERTANIAN : Pj. Bupati Koltim, H. Sulwan Aboenawas (kedua dari kiri) saat menyalurkan bantuan Alsintan pada perwakilan kelompok tani di Kecamatan Ladongi.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perhatian besar pada petani di Kolaka Timur (Koltim), diperlihatkan Pj Bupati, H. Sulwan Aboenawas. Terbaru, ia menemui petani di Desa Raraa, Kecamatan Ladongi, untuk mendengar aspirasi, sekaligus menyalurkan bantuan benih dan alat mesin pertanian (Alsintan) pada lima kelompok. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu mengatakan, Koltim merupakan daerah yang tidak memiliki laut. Tetapi lahan pertanian cukup luas dan baik untuk perkembangan hortikultura serta perkebunan. Apalagi di daerah tersebut, mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani atau pekebun. Makanya, dukungan Pemkab untuk kemajuan petani, sudah sangat tepat.

"Sehingga kami terus berupaya menyalurkan bantuan bibit dan alat pertanian untuk mendukung kemajuan tanaman hortikultura dan perkebunan di Koltim. Saya mengajak masyarakat bersama-sama menyukseskan visi dan misi daerah yakni sejahtera bersama masyarakat yang agamis, aman, mandiri, maju dan berkeadilan," kata Sulwan, Sabtu (25/6). Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba, mengatakan, bantuan terus diberikan kepada kelompok tani. Harapannya, petani bisa mengembangkan produksi mereka menjadi lebih baik dan terus meningkat.

Lasky menjelaskan, kegiatan menyapa petani merupakan silaturahmi Pemkab dengan masyarakat, agar sinergi terus terjalin dalam membangun daerah, khususnya pada sektor perkebunan dan hortikultura. "Selanjutnya menggali permasalahan yang dihadapi oleh petani dan mencari alternatif pemecahannya," sambungnya. Ia menyebut, bantuan yang sempat disalurkan diantaranya kultivator atau alat pembedeng dan penggembur tanah, juga benih cabai, tomat, jagung, serta pupuk organik cair dan mulsa. (c/kus)

  • Bagikan