Wujudkan Pemerintahan Responsif, Jaga Stabilitas Politik

  • Bagikan
Alimun, S.Ag, M.Si

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe Selatan (Konsel) berperan mewujudkan pemerintahan yang responsif, transparan dan inovatif. Hal ini sesuai RPJMD Konsel 2021-2026 di rezim duet H. Surunuddin Dangga-Rasyid, yang berperan menjaga kepastian hukum dan stabilitas politik.

Hal itu diungkapkan oleh Plt. Kepala Badan Kesbangpol Konsel, Alimun, S.Ag, M.Si melalui Kepala Bidang Politik, Asrul Abbas kepada Kendari Pos Kemarin (23/06).

"Kita fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) serta penguatan tata kelola pemerintahan yang responsif dan transparan, " ungkapnya. Kesbangpol juga intens menghimpun organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Konsel.

"Untuk saat ini jumlah LSM yang aktif sebanyak 18 lembaga. Sementara untuk Ormas dan keagamaan berjumlah 7 kelompok, " sebutnya.
Pihaknya secara intensif melakukan koordinasi terhadap sejumlah partai politik (Parpol) yang ada di Konsel.

"Dalam rangka persiapan Pilkada serentak 2024, kita intens berkoordinasi kepada Parpol dalam hal pendidikan politik di masyarakat," jelasnya. Saat ini, sebanyaknya 11 Parpol yang telah terdaftar dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di Konsel.
Namun, ada tambahan tiga parpol yang akan bertarung di Pemilu 2024 mendatang. Yakni, Partai Perkasa, Partai PKP dan Partai Gelora.
"Kita juga koordinasi ke KPU selaku penyelenggara pemilu bersama stakeholder terkait dalam hal pendataan wajib pilih di Konsel," tambahnya.
Jumlah kursi DPRD Konsel sebanyak 35. Jumlah total perolehan suara sah dari 11 Parpol 159.961 suara. (kam/adv)

  • Bagikan