Waspada, La Nina ke Level Sedang

  • Bagikan
MENDUNG : Cuaca di sebagian wilayah di Sultra kurang bersahabat. Hal ini dipicu anomali suhu muka laut yang menghangat. Tampak pergerakan awan di atas Jembatan Teluk Kendari kemarin.

Curah Hujan di Sebagian Wilayah Sultra Tinggi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gumpalan awan masih menutupi atmosfir Kota Kendari. Hujan dengan durasi singkat, kerap terjadi. Di malam hari, hujan terasa lebih awet. Kondisi ini disebabkan anomali suhu muka laut yang hangat. Hal ini memicu penguapan yang signifikan.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kendari Faizal Habibie mengatakan pembentukan awan-awan hujan masih cukup tinggi. Berdasarkan pantauan citra radar dan satelit cuaca Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), awan cumulonimbus menyelimuti langit di sebagaian besar wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) termasuk Kota Kendari.

"Awan Cumulonimbus menyebabkan hujan sedang hingga lebat. Biasanya disertai guntur dan angin kencang. Kami minta masyarakat mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi. Apalagi musibah banjir telah terjadi di Buton Utara (Butur)," kata Faizal Habibie, Selasa (21/6).

Saat ini, nilai Southern Oscilation Indeks (SOI) mencapai +16.2. Menurutnya, ini mengindikasikan terjadinya La Nina sedang. Makanya, ada peningkatan pergerakan massa udara dari Samudera Pasifik Timur ke Barat yang berdampak signifikan terhadap aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia termasuk Sultra.

"Dari hasil analisis, medan angin menunjukkan adanya shearline (belokan angin) di sekitar wilayah Sultra. Hal ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. Makanya, Stamar telah melakukan diseminasi peringatan dini sebelum kejadian banjir di Butur," jelasnya.

Dalam sepekan ke depan, sebagian besar wilayah Sultra berpotensi terjadi hujan. Pembentukan awan-awan hujan masih marak. Hal ini memicu peningkatan curah hujan terutama di bagian timur seperti Butur, Buton Selatan (Busel), Baubau, Buton, Wakatobi, Kendari, Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Konawe Utara (Konut).

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Tetap memonitor perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca melalui berbagai kanal. Baik meliputi website www.bmkg.go.id, sosial media facebook info BMKG Sultra atau bisa menghungi call center di Stamar Kendari," tutupnya. (b/m1)

Analisis Cuaca
-Suhu Permukaan Laut Menghangat
-La Nina Menguat ke Level Sedang
-SOI Capai +16.2
-Pergerakan Massa Udara Basah dari Samudera Pasifik
-Belokan Angun (Shaerline) di Atas Wilayah Sultra
-Kelembaban Udara di Ketinggian 850 mb dan 700 mb Mencapai 90 Persen
-Udara Lembab Memicu Pertumbuhan Awan (Cumulonimbus)
-Nilai Indeks Kestabilan Atmosfer (K-Indeks) 37

Wilayah Berpotensi Curah Hujan Tinggi
Buton Utara
Buton Selatan
Baubau
Buton
Wakatobi
Kendari
Konawe
Konawe Selatan
Konawe Kepulauan
Konawe Utara

  • Bagikan