Pojok Statistik Hadir di UHO

  • Bagikan
FASILITAS DATA: Peresmian Pojok Statistik yang secara langsung dilakukan Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS RI, Setiano (tengah) , Wakil Rektor II UHO, Prof. Weka Widayati (kiri) dan Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti (kanan).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pojok statistik hadir di Universitas Halu Oleo (UHO). Kampus yang dinakhodai Prof. Muh. Zamrun Firihu itu, perguruan tinggi pertama di Sultra memiliki pojok statistik, yang dibangun UHO dan Badan Pusat Statistik (BPS). Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS RI, Setiano didampingi, Wakil Rektor II UHO, Prof. Weka Widayati dan Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti meresmikan Pojok Statistik di Rektorat UHO, Selasa (21/6).

Wakil Rektor II UHO, Prof. Weka Widayati mengatakan, sebagai insan akademik, mahasiswa dan dosen menjadikan data sebagai sumber penting. Data statistik tentu sangat dibutuhkan dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa, dan penelitian dosen.

Ia berharap, BPS selalu mendukung UHO melalui mahasiswa dan dosen dalam memberikan data statistik. Juga dalam bentuk kegiatan magang. Selain itu, penting bila BPS menghadirkan link khusus terkait data statistik untuk UHO agar bisa dimanfaatkan civitas akademika.

"Adanya Pojok Statistik tentu akan sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi dan pembangunan daerah. Kami harap semua pihak bisa memanfaatkan ini. Terlebih ini bisa menjadi motivasi mencerdaskan anak bangsa dan mendukung pembangan daerah berbasis data, " harapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS RI, Setiano menggariskan BPS ingin mengambil peran lebih untuk masyarakat banyak khususnya di Universitas. Menurutnya, pojok statistik sangat bermanfaat buat civitas akademika UHO. Bahkan, seluruh masyarakat Sultra yang perlu data Statistik.

Di tempat yang sama, Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti mengatakan, berdasarkan hasil survey kebutuhan data 2021 BPS Sultra, sebanyak 53,52 persen pengguna Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Sultra merupakan pengguna dari Lembaga Pendidikan dan Penelitian Dalam Negeri. Ini menunjukkan bahwa pengguna layanan statistik terbesar adalah para akademisi dan mahasiswa yang ada di lingkungan perguruan tinggi.

"Hal ini menjadi tantangan bagi BPS Provinsi Sultra untuk mengoptimalkan promosi pada segmentasi ini, " ujarnya. Pemilihan segmen mahasiswa ini juga didasarkan pada pertimbangan lainnya yaitu mahasiswa merupakan calon-calon pemimpin dalam beberapa tahun yang akan datang.

Dengan Sumber Daya Manusia serta sarana yang memadai, UHO dapat menjadi sentra pembelajaran data statistik di Sultra. Hadirnya Pojok Statistik di UHO, ia berharap menjadi salah satu sarana peningkatan pelayanan publik yang akan bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa untuk mengakses data dan informasi statistik secara lebih mudah, murah, dan cepat, baik data tercetak maupun data digital, sekaligus membangun literasi statistik dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa. Sebagai informasi, kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan agen statistik yang berasal dari mahasiswa UHO. (rah/b)

  • Bagikan