931 JCH Aman dari Covid19

  • Bagikan
dr. Putu Agustin Kusumawati

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebelum diberangkatkan ke tanah suci, 931 jemaah calon haji (JCH) asal Sultra menjalani tes PCR Covid-19. Hasilnya, kondisi kesehatan mereka terbebas dari paparan pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sultra dr. Putu Agustin Kusumawati mengatakan, pihaknya bersama seluruh pihak terkait sudah memastikan JCH dari paparan Covid-19 dengan melakukan tes PCR sebelum diberangkatkan ke embarkasi Makassar. Seluruh JCH yang terdata sudah menjalani pemeriksaan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus pandemi Covid-19.

"Kami sudah lakukan PCR seminggu yang lalu, sebelum masuk ke embarkasi. Jangan sampai mereka sampai di embarkasi akan di tes kembali ternyata positif," katanya Selasa (21/6).

Dari fasilitas kesehatan yang ada, hampir semua rumah sakit yang memiliki fasilitas tes PCR dapat diakses oleh para JCH untuk melakukan tes. "Kami sudah screening dan semua sudah aman. Sampai hari ini untuk Sultra, kasusnya zero Covid. Untuk pembagian di kabupaten/kota, ada rumah sakit yang ditunjuk Dinas Kesehatan Sultra," jelasnya

Ia berharap, agar para JCH asal Sultra bisa menjaga kondisi kesehatan tubuhnya dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kondisi cuaca di Indonesia dan Arab Saudi itu sangat berbeda, baik itu suhu maupun hal lainnya. "Jadi tetap terapkan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker dan jangan lupa selalu minum air. Karena kondisi panas bisa membuat dehidrasi dan berakibat sakit," Harapnya. (m4/c)

  • Bagikan