60 JCH Bertolak ke Makassar

  • Bagikan
TITIP DOA : Bupati Buton, La Bakry (tengah) berpose bersama tiga JCH asal otoritanya yang akan berangkat menuju Embarkasi Makassar dan tergabung dalam Kloter 7.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jamaah calon haji (CJH) asal Kota Baubau dan Kabupaten Buton sudah dilepas Pemerintah Daerah masing-masing untuk berangkat ke Tanah Suci. 57 orang dari Kota Baubau dan tiga lainnya asal Kabupaten Buton. Selasa (21/6) hari ini, calon tamu Allah di Makkah itu akan bertolak ke Embarkasi Makassar melalui Bandara Betoambari Baubau. JCH Buton dan Kota Baubau tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 7 bersama jamaah asal Kabupaten Muna 30 orang, Kolaka 161 orang, Baubau 57 orang, Kolut 87 orang, Wakatobi 33 orang, Konkep dua orang, Buteng 14 orang dan ditambah enam petugas haji. Totalnya 393 orang. Jamaah kloter 7 itu akan bertemu seluruhnya di Embarkasi Makassar. Kemudian tanggal 23 Juni 2022 pada pukul 23.05 Wita akan diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Bupati Buton, La Bakry, menitip doa dan harapan agar calon haji yang berangkat bisa kembali dengan selamat 4 Agustus mendatang. "Cita-cita kita naik haji itu menjadi mabrur. Jaga kesehatan selama di sana, agar semua rangkaian ibadahnya bisa diikuti dengan baik," katanya saat melepas CJH di aula Rujabnya, Senin (20/6). Buton-1 itu juga menitip pesan kepada jamaah untuk mendoakan masyarakat di daerah agar tetap sehat aman dan terlindung dari bahaya dan bencana alam. “Saya menitipkan pesan harapan masyarakat Kabupaten Buton kepada ibu bertiga, jangan lupa di depan Ka’bah, Padang Arafah dan di Madinah, doakan kami semua dan daerah ini. Masyarakat sehat dan daerah ini tetap aman,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Buton, H. Mansur, melaporkan dalam memersiapkan kondisi kesehatan dan bekal pengetahuan JCH, pihaknya bersama Dinas Kesehatan sudah melakukan pembinaan dalam bentuk Bimbingan manasik haji dua tahap, tingkat kabupaten dan kecamatan sebanyak enam kali pertemuan. "Diharapkan melalui bimbingan manasik haji, jamaah memahami tata cara ibadah haji sesuai ketentuan syariat Islam sehingga menjadi haji mandiri dan mencapai haji mabrur," katanya.
Dinas Kesehatan kata dia juga sudah melakukan pemeriksaan secara lengkap kepada JCH. Sekaligus memberikan pembinaan berupa tuntunan menjaga protokol kesehatan selama di tanah air dan di Arab Saudi sehingga dapat menjalankan ibadah dengan sehat serta kuat secara fisik.

Untuk diketahui, pada musim haji tahun 1443 H/2022 M kali ini, kuota haji Kabupaten Buton yang masuk porsi berangkat sebanyak tiga orang dari jumlah normalnya 12 orang pada tahun 2020. Namun hal ini terjadi karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pengurangan kuota dan pembatasan usia hingga 65 tahun. Terpisah, Kepala Kemenag Kota Baubau, Rahman Ngkaali, memastikan 57 calon jamaah haji juga akan berangkat 21 Juni ke Sudiang, Makassar. Rombongan haji itu akan diikuti dengan enam orang pendamping dari unsur Kemenag, Kesra dan Dinas Kesehatan. "Kita pelepasan tanggal 20, berangkat tanggal 21 Juni ke Makassar. Total jamaah 57 orang," katanya. (b/lyn)

  • Bagikan