Lokasi Proyek Mulai Dibersihkan

  • Bagikan
LAND CLEARING : Lokasi RS tipe D di Jalan Chairil Anwar Puuwatu Kendari, Minggu (19/6). Saat ini, pengerjaannya telah masuk tahap land clearing. Pasca land clearing, Wali Kota Kendari bakal segera melakukan Ground Breaking.

Pasca Land Clearing, Konstuksi Gedung Dikerjakan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembangunan Rumah Sakit (RS) Tipe D segera dimulai. Saat ini, proyek senilai Rp 146 miliar ini sudah masuk tahap Land Clearing atau dibersihkan. Pasca Land Clearing, ground breaking bakal segera dilakukan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Pemanfaatan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Aswido mengungkapkan land clearing dilakukan untuk membersihkan lokasi pembangunan RS termasuk menimbun beberapa titik yang masih rendah. "(Lokasi pembangunan RS) sementara dibersihkan. Kita juga akan melaksanakan pemagaran keliling," ungkapnya kemarin.

Selain itu, pihaknya juga kini tengah mengebut penyelesaian desain agar ground breaking bisa segera dilaksanakan pasca Land Clearing. "Semua kita sedang persiapan, on progress," kata Aswido.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik persiapan pembangunan RSUD Tipe D. Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Dinas PUPR, RS siap untuk d Groundbreaking. "Sudah ada (tim) yang action dilapangan untuk persiapan. Sudah siap dibangun. Kita tinggal tinggu waktu yang tepat," ungkapnya kemarin.

Ia memastikan pembangunan rumah sakit akan dikebut mengingat kontrak pengerjaan RS hanya sampai Desember 2022. "Insya Allah bisa selesai tepat waktu," ungkap Sulkarnain Kadir.

Lanjut dia, RS akan dibangun dua lantai dengan konsep hijau dan modern. Dia areal rumah sakit terdapat jalan sebagai akses, area pakir, dan ruang terbuka hijau (RTH). Seluruh fasilitas dihadirkan untuk menunjang kenyamanan masyarakat yang datang berobat.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini yakni kehadiran RS Tipe D selain untuk menambah jumlah layanan fasilitas kesehatan (Faskes) di Kendari, nantinya juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya yang berdomisili di Kecamatan Puuwatu untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Masyarakat yang ada di Puuwatu nantinya tidak perlu pergi jauh mencari akses layanan kesehatan karena sudah ada diwilayahnya. Begitupu masyarakat Konawe dan Konawe Utara itu bisa mengakses RS tipe D ini," ungkap Sulkarnain. (b/m1)

Proyek RS Tipe D
Anggaran Rp 146 Miliar
Dibiayai Pinjaman PT SMI Kemenkeu
Kapasitas 67 Ruang Rawat Inap
Lokasi Jalan Chairil Anwar Puuwatu
Khusus Pasien Covid-19 dan Virus Lainnya
Dilengkapi Peralatan Medis Modern
Didesaian Dua Lantai
Usung Konsep Hijau dan Modern

Tahapan
-Masuk Tahap Land Clearing
-Ground Breaking Mulai Dipersiapkan

Infrastruktur Pendukung RS
-Pembangunan Jalan
-Area Parkir
-Ruang Terbuka Hijau (RTH)

  • Bagikan