Surunuddin Titip Doa pada JCH

  • Bagikan
LEPAS KEBERANGKATAN : Suasana saat jamaah calon haji asal Kabupaten Konawe Selatan berpamitan kepada Bupati, H. Surunuddin Dangga (tengah) untuk melakukan ibadah di Tanah Suci, Makkah.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Puluhan jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), berpamitan. Para manusia pilihan itu akan melaksanakan rukun Islam kelima. Terasa istimewa karena diwarnai kesabaran yang cukup lama. Pasalnya selama dua tahun dilanda pandemi Covid-19, para JCH tidak bisa berangkat ke Tanah Suci. "Alhamdulillah kita mesti bersyukur, ada 23 orang JCH dari Konsel bisa diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah. Kami ucapkan selamat, mereka adalah orang-orang pilihan. Sebab di luar sana masih banyak yang masih menunggu antrean," kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat melepas keberangkatan para JCH di gedung Islamic Center Andoolo, Jumat (17/6).

Ia meminta JCH memanfaatkan kesempatan yang diberikan tersebut sebaik mungkin. Semoga perjalanan jamaah calon haji kita diberikan keselamatan, dari mereka berangkat sampai kembali," imbuhnya.
Bupati dua periode ini mengatakan haji merupakan ibadah yang mengandalkan fisik. Ia berpesan para jamaah menjaga kesehatan, sehingga lancar dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah. "Saya juga berpesan kepada jamaah agar mendoakan Kabupaten Konsel agar tetap aman, damai, tentram dan tertib. Sehingga pemerintah dimudahkan dalam melaksanakan pembangunan daerah, sebagaimana visi misi, Desa Maju, Konsel hebat," pesannya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Setkab Konsel, Hamlin Ode Makka, mengatakan jumlah jamaah haji itu berdasarkan porsi kabupaten. Sebenarnya, ada 25 orang yang akan diberangkatkan. Namun satu jamaah meninggal dunia dan lainnya berhalangan karena sakit. Hamlin merinci, jamaah haji terbanyak dari Kecamatan Tinanggea sebanyak tujuh orang, Benua empat orang, Palangga tiga orang, Laeya, Ranomeeto, Baito masing-masing dua orang dan asal Kecamatan Konda, satu orang.
"Kalau berdasarkan usia, jamaah haji termuda berasal dari Konda atas nama Muh. Andika Saputra Palewo, 19 tahun. Kemudian untuk tertua bernama Abdul Madjid 63 tahun, dari Baito," rincinya.

Sebagai informasi, jadwal keberangkatan JCH akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2022 menuju Embarkasi Sudiang, di Makassar. Proses penerimaan di Embarkasi 23 Juni pukul 08.00 Wita. Kemudian tanggal 24 Juni pada pukul 04.00 Wita, menuju Jeddah, Arab Saudi, bergabung pada Kloter 8. Untuk kepulangan tiba di tanah air dijadwalkan tanggal 5 Agustus 2022. (b/ndi)

  • Bagikan