Pemprov Raih Predikat Hijau

  • Bagikan
Ilustrasi : Evaluasi KemenPAN-RB

Hasil Evaluasi Layanan Publik

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) membenahi layanan publik patut diapresiasi. Dari hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan penilaian Ombudsman RI perwakilan Sultra, layanan publik berpredikat B dan masuk zona hijau.

Kepala Biro (Karo) Ortala Organiasi dan Tatalaksana (Ortala) Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra, Iwan Susanto melalui Kabag Reformasi Birorkasi dan Akuntabilitas Kinerja, Erna Masiha mengatakan pelayanan publik sangat berpengaruh terhadap pemberian Dana Insensif Daerah (DID). Atas dasar itu, Pemprov terus membenahi layanan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Pembenahan terus dilakukan dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Ini juga merupakan tindaklanjur hasil evalasi KemenPAN-RB. Di sisi lain, penilaian kinerja turut berpengruh terhadap pemberian tunjangan pegawai (TPP) ASN," ujarnya, Rabu (15/6).

Setiap tahun, KemenPAN-RB melakukan evaluasi kinerja layanan. Hasilnya, Pemprov Sultra mencapai predikat B. Pemprov berpeluang naik kelas menyabet predikat BB. Syaratnya, sinergitas antar OPD harus lebih ditingkatkan. Dari segi kepatuhan, pelayanan publik sudah masuk zona hijau. Hal ini merujuk hasil penilaian Ombudsman perwakilan Sultra.

Dari sejumlah OPD, tiga instansi lingkup Pemprov Sultra yang memperoleh nilai tertinggi. Yakni, Dinas Penanaman Moda Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dan Rumah Sakit (RS) Bahteramas memperoleh nilai A- serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) meraih nilai B+.

"Kalau OPD lain, rata-rata masih berada di posisi predikat B (baik). Makanya, kami mengharapkan kerjasama dan sinergi semua OPD untuk memaksimalkan layanan publik di instansi masing-masing. Kedepan, hasil evaluasi dari KemenPAN RB maupun dari Ombudsman bisa meraih nilai memuaskan," harapnya. (c/kam)

Evaluasi KemenPAN-RB
-Pemprov Raih Predikat B
-Tiga OPD Raih Nilai Tertinggi
(DPM-PTSP A-, RS Bahteramas A- dan Bappeda B+)
-Rata-rata OPD Berpredikat B
-Berpeluang Raih Nilai BB
(Tingkatkan Sinergitas Layanan)

Penilaian Ombudsman RI Perwakilan Sultra
-Tingkat Kepatuhan Masuk Zona Hijau

Kinerja Layanan Berpengaruh dengan Pemberian DID
Di sisi Lain, Kinerja ASN Berpengaruh dengan TPP

  • Bagikan