ASR Salurkan Bantuan Pendidikan Rp150 Juta untuk UMK

  • Bagikan
Ketua Dewan Penyantun Be-ASR, Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (dua dari kiri) menyerahkan bantuan dana pendidikan kepada Rektor UMK Amir Mahmud. S.Pi.,M.P (tengah) dan Rektor Istek Aisyiyah Kendari, Prof. Dr. Hj. Mashuni. S.Si.,M.Si (dua dari kanan) dalam acara Be-ASR Goes to Campus, Selasa (14/6). Turut hadir, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra, H. Akhmad Al-Jufri (kanan) dan Direktur Pengelola Be-ASR, Prof. Dr. H. Aris Badara. S.Pd.,M.Hum (kiri). FOTO: MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

ASR Mendorong Kemajuan Pendidikan Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam tatanan membangun daerah, bangsa dan negara, peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan sangat vital. Ujung tombak strategi mendorong terciptanya akselerasi pembangunan dan kemajuan daerah yang terintegrasi adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu, Ketua Dewan Penyantun Beasiswa Aku Sahabat Rakyat (Be-ASR) Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka bergerak mendorong kemajuan pendidikan di Sultra.

Mantan Pangdam XIV Hasanuddin yang karib disapa ASR itu menjelaskan, maju dan mundurnya sebuah bangsa, sangat ditentukan kualitas pendidikan SDM. Pada titik ini, sangat penting semua stakeholder, baik pemerintah, perguruan tinggi maupun stakeholder lainnya, bersinergi mencetak SDM berkualitas, mumpuni atau ahli dalam konsentrasi ilmu pengetahuan tertentu atau lainnya.

"Sangat sulit membangun daerah, tanpa didukung oleh SDM andal. Makanya, dukungan dalam pengembangan SDM yang cemerlang sangat dibutuhkan terutama dari aspek infrastruktur maupun finansial," ujar Andi Sumangerukka (ASR) dalam dialog pendidikan bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Selasa (14/6), kemarin.

ASR mengisahkan, pernah berkunjung ke negara Dubai yang maju prestisius diberbagai bidang. Menurutnya, kemajuan Dubai bukan hanya terletak dari kekayaan minyak yang sangat melimpah. Tetapi juga ditunjang oleh SDM berkualitas. Indikatornya, banyak ilmuwan-ilmuwan kelas dunia berasal dari Dubai.

"Negara Dubai sangat memperhatikan pendidikan SDM-nya dengan menyediakan dan memberikan berbagai fasilitas penunjang. Salah satunya memberikan beasiswa kuliah ke luar negeri, setelah itu dipanggil pulang mengabdi bagi negara," kisah ASR.

Metode yang diterapkan negara Dubai dalam memajukan pendidikan, perlu dicontoh. Provinsi Sultra ini memiliki potensi kekayaan alam yang besar, terutama di sektor pertambangan. Cadangan nikel Indonesia, sekira 60 persen ada di Sultra atau sekitar 1,8 miliar ton.

Bagi ASR, potensi sumber daya alam (SDA) tersebut sangat mumpuni untuk lebih besar mendorong kemajuan pendidikan di Sultra. "Karena kepedulian saya kepada kemajuan pendidikan Sultra, maka saya menyediakan beasiswa bernama Be ASR bagi mahasiswa," kata ASR.

Dalam kesempatan tersebut, ASR menyalurkan bantuan pendidikan sekira Rp150 juta bagi Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK). Bantuan diterima Rektor UMK, Amir Mahmud. "Beasiswa Be-Asr ini, murni kepedulian nurani saya untuk kemajuan pendidikan dan membantu mahasiswa di Sultra dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi," tandas ASR. (ali/b)

ASR Mendorong Kemajuan Pendidikan Sultra

  • Bagikan

Exit mobile version