PPKM Dilonggarkan, Kasus HIV Aids Meningkat

  • Bagikan
ILUSTRASI AIDS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Wabah corona di Kota Kendari punya andil menekan laju kasus HIV Aids. Tahun 2021 lalu, hanya tujuh kasus baru yang teridentifikasikan. Namun pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilonggarkan, kasus HIV Aids secara perlahan mulai meningkat. Selama periode Januari-April 2022 sudah tercatat 82 kasus baru

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Elfi
menyebut komitmen berumah tangga dan setia terhadap pasangan cara menghindari penularan HIV/AIDS. Di Kendari, kata dia, Selama tahun 2021, lembaganya mendeteksi 7 kasus HIV/AIDS dan sedangkan tahun ini ada 82 kasus.

"Melonjaknya kasus HIV/AIDS ini diakibatkan adanya kelonggaran PPKM, apalagi hiburan malam sudah tidak ada batasan akibatnya terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Adapun umur yang rentan terkena HIV/AIDS itu umur 25-49 tahun pada masa produktif," ujarnya, Senin (13/6).

Orang yang terpapar HIV/AIDS, awalnya tidak merasakan gejala. Pasalnya, masa inkubasi HIV/AIDS 5 tahun setelah terinfeksi, gejala yang ditimbulkan dari virus mematikan ini ditandai dengan melemahnya sistem imun tubuh sehingga rentan terserang penyakit.

“Jika teridentifikasi, orang dengan HIV/AIDS akan ditangani secara medis, diberikan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS, dan secepatnya kembali kekodrat sebagaimana yang telah ditakdirkan. Pemerintah juga menyediakan obat bagi penderita secara kontinyu dan menjamin stok obatnya,” pungkasnya.

Sebagai upaya antisipasi penyebaran, Dinkes rutin melakukan skrining (pemeriksaan kesehatan) kepada orang-orang yang rentan terkena HIV/AIDS. (b/m1)

Kasus Baru HIV Aids
-2021 7 Kasus
-Januari-April 2022 82 Kasus

Penyebab Penularan
Penggunaan Jarum Suntik (Pengguna narkoba)
Prilaku Seksual Gonta-ganti Pasangan
Tertular dari Orang Tua ODHA

ODHA Rata-rata Usia Produktif
Umur Rentan 25-49 Tahun
Dinkes Jamin Obat-obat Gratis
Konsumsi Obat Secara Kontinyu
Rutin Cek Kesehatan
Skiring pada Orang Rentan Tertular

Masa Inkubasi 5 Tahun Pasca Terinfeksi
Gejalanya Sistem Imun tubuh Lemah
Rentan Terserang Penyakit

  • Bagikan