Jelang PPDB, Kemampuan Operator Diupgrade

  • Bagikan
Ilustrasi anak sekolah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023 dibuka mulai 20 - 25 Juni mendatang. Jelang hari H, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus memantapkan persiapan. Tidak hanya sarana dan prasarana pendukung, pemerintah mengupgrade kemampuan operator sekolah melalui bimbingan teknis (Bimtek).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Makmur menjelaskan bimtek dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan operator sekolah dalam menghadapi PPDB. Terlebih penerimaan siswa baru tahun ini dilaksanakan secara daring (online).

"Para operator sekolah kita berikan edukasi agar bisa mengetahui tugas pokok dan fungsinya sehigga bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Terutama dalam bisa mengatasi kendala yang dihadapi masyarakat saat mendaftar secara online," ungkap Makmur, kemarin.

Pada sisi lain, bimtek juga sangat penting agar operator sekolah bisa mengutamakan sikap pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pasalnya PPDB tahun ini juga dilaksanakan secara luring (offline) yang tidak menutup kemungkinan masih ada masyarakat yang mendaftarkan langsung anaknya ke sekolah.

"Tentu harus dilayani. Operator yang didampingi langaung oleh panitia PPDB dan Kepala Sekolah harus melayani masyarakat yang datang ke sekolah mendaftarkan anaknya," ungkap Makmur.

Mantan Asisten I Pemkot Kendari ini yakin, sukses operator sekolah menjalankan tugasnya menjadi kunci sukses pelaksanaan PPDB tahun ini. Sehingga ia berharap kepada seluruh operator sekolah agar serius mengikuti bimtek yang dilaksanakan pihaknya.

"Bimtek kita laksanakan selama dua hari mulai hari ini (kemarin) hingga tanggal 14 Juni (hari ini). Kita bagi dua sesi, opertor SMP hari ini (kemarin) sedangkan operator SD besok (hari ini)," pungkasnya. (c/ags)

PPDB TA 2022-2023
Dibuka Mulai 20-25 Juni 2022
Siapkan 6.265 Kursi
-SMP 5.528 Kursi
-SD 637 Kursi
Kuota Tersebar di 213 Sekolah
-64 SMP
-149 SD
-Terapkan Sistem Zonasi

Cara Mendaftar Secara Online

  1. Akses Laman PPDB di http://dikmudora.kendarikota.go.id/ppdb
  2. Unduh Formulir
  3. Isi Formulir Lalu Ditandatangani di atas Materai Rp 10 Ribu
  4. Unggah Kembali Dokumen yang Telah Diisi
  5. Unggah Juga Salinan Dokumen Lainnya
    -Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir
    -Kartu Keluarga Bagi Yang Memilih Jalur Zonasi
    -Kartu PKH atau KIP Bagi yang Memilih Jalur Afirmasi
    -Unggah Surat Penugasan Orang tua/Wali (Pekerjaan)
    (Yang Memilih Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua
    -Surat Kererangan Lulus SD atau Sederajat
    -Bukti Prestasi yang memilih Jalur Prestasi
  6. Cetak Bukti Perdaftaran
  • Bagikan