Mencari Pejabat Definitif, Pemkot Kendari Segera Lelang Jabatan

  • Bagikan
Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala (berdiri) didampingi Plt.Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang (duduk, kedua dari kiri) saat pisah sambut Kepala Bappeda di salah satu hotel di Kendari.


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ada dua dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Kendari tanpa pejabat definitif. Dinas itu dipimpin pejabat berstatus pelaksana tugas (Plt). Salah satunya adalah jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari kini lowong pasca ditinggal Ridwansyah Taridala yang naik kelas menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari.

Untuk mengisi kekosongan itu, Wali Kota Kendari menunjuk Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang sebagai Plt.Kepala Bappeda Kota Kendari. Pemkot mencari pejabat definitif untuk mengisi pos dinas yang dijabat Plt. Mekanisme pencarian pejabat definitif dengan melelang jabatan melalui proses seleksi atau asesmen.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengungkapkan lelang jabatan akan dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan definitif. Bukan hanya jabatan Kepala Bappeda, melainkan dibuka untuk jabatan yang saat ini masih diisi oleh pejabat Pelaksana Tugas (Plt). "Kalau itu (seleksi JPT/lelang jabatan) harus," ujarnya saat pisah sambut Kepala Beppeda Kota Kendari di salah satu hotel di Kendari, kemarin.

Terkait jadwal pembukaan seleksi, Ridwansyah mengaku sepenuhnya menjadi kewenangan Wali Kota Kendari. "Itu (seleksi JPT/lelang jabatan) kebijakan pimpinan. Itu diluar kapasitas saya. Tapi mekanismenya selama ini setelah kosong harus dijabat Plt. Selanjutnya akan diisi pejabat definitif setelah mengikuti asesmen,” ungkap Sekda Ridwansyah Taridala.

Dia berharap, Plt.Kepala Bappeda Cornelius Padang dapat melanjutkan program kerja yang sudah direncanakan sebelumnya, terutama dalam mendukung visi misi Wali Kota Kendari yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi, dan teknologi.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Sudirham mengaku masih menunggu arahan dan petunjuk Wali Kota Kendari terkait lelang jabatan untuk mencari pejabat definitif khususnya OPD yang masih dipimpin Plt. "Kami masih menunggu arahan (petunjuk Wali Kota Kendari)," ujarnya, kemarin.

Menurut Sudirham, lelang jabatan penting dilakukan mengingat jabatan Plt tidak bisa diperpanjang jika sudah lewat masa tugas enam bulan. Di sisi lain, penetapan pejabat definitif sangat penting dalam rangka mencapai efektifitas dan tujuan organisasi dalam hal ini menyukseskan visi misi Wali Kota Kendari.

"Kalau pejabat definitif pasti bisa lebih semangat dan total dalam bekerja karena sudah ada target pekerjaan yakni membantu wali kota mewujudkan visi misi Kendari menjadi kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi," ungkap Sudirham.

Berdasarkan data dari BKPSDM, terdapat dua OPD di Pemkot Kendari yang masih dijabat oleh Plt. Dua OPD itu yakni Bapedda yang kini dijabat Cornelius Padang sebagai Plt. Kepala Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang pelaksana tugasnya diamanatkan kepada Sitti Ganef. (ags/b)

  • Bagikan