Dispar Wujudkan Good Quality Event

  • Bagikan
Kepala Dispar Sultra H. Belli Tombili (empat dari kanan) bersama peserta workshop kewirausahaan dan pemberdayaan sektor ekonomi kreatif (Ekraf) dalam rangka mendukung perluasan pasar produk ekraf di Hotel Zahra Syariah, Jumat (10/6).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata Sultra meningkatkan kualitas event organizer (EO). Lembaga yang dipimpin Belli Tombili itu berupaya mewujudkan good quality event dengan mengedukasi pengelola EO. Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata H. Belli Harli Tombili saat membuka workshop kewirausahaan dan pemberdayaan sektor ekonomi kreatif (Ekraf) dalam rangka mendukung perluasan pasar produk ekraf di Hotel Zahra Syariah, Jumat (10/6).

Menurutnya, workshop sangaat penting, sebab pengelola EO akan dilatih bagaimana melaksanakan event yang bagus dan berkualitas. “Pelatih kita kali ini juga akan membawa warna dan nafas baru bagi pelaksanaan event di Sultra kedepan,” ujar mantan Karo Pembangunan Sultra itu.

Mantan Pj Sekab Koltim ini menjelaskan, di Sultra saat ini terdapat beberapa EO yang besar, tetapi ada juga EO yang baru lahir dan baru mulai merambah usaha. Sehingga melalui kegiatan ini, pihaknya berharap mereka bisa menambah wawasan. “Mereka akan dilatih bagaimana caranya memanajemen event agar orang-orang tidak bosan kalau menonton. Cara menarik perhatian agar orang mau menghadiri event tersebut dan tentu saja yang paling penting agar melaksanakan event tidak rugi,”harapnya.

Sementara itu Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dispar Sultra, Syamsinar, mengatakan, kegiatan ini merupakan awal untuk mewujudkan mimpi untuk membangun gerakan bersama, yaitu gerakan ekonomi kreatif bisa, ekonomi kreatif Sultra yang didalamnya bertumpu pada partisipasi dan kolaborasi bersama. “Mimpi kami untuk mewujudkan ekonomi kreatif Sultra menjadi tulang punggung kemajuan pariwisata daerah, tulang punggung kemajuan perekonomian Sultra,” katanya.

Ia berharap, workshop ini menghasilkan sumber daya manusia (SDM) Sultra yang berkualitas, khususnya komunitas dan pelaku ekonomi kreatif dalam mendukung penyelenggaraan event di Sultra. (m4/b)

  • Bagikan