Bangkitkan Semangat Siswa, SMKN 4 Kendari Belajar Outdoor

  • Bagikan
Suasana belajar para siswa SMK Negeri 4 Kendari secara outdoor yang di dampingi guru pembimbing Mata Pelajaran.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Guna membangkitkan semangat belajar para siswa, SMKN 4 Kendari menggelar pembelajaran di luar Kelas (outdoor study). Pembelajaran luar kelas ini dilakukan di Kebun raya Kendari dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Kepala SMK Kendari, Dr. Herman, S.Pd.,M.Pd., mengatakan dalam pembelajaran luar ruangan yang digelar SMKN 4 Kendari berasal dari kompetensi keahlian kriya kayu dan kriya tekstil. Dimana ada mata pelajaran yang menggunakan durasi pemebelajaran cukup lama, yakni mata pelajaran gambar. "Pembelajaran yang di laksanakan dalam kelas secara terus menerus tentu akan mudah membuat siswa jenuh, sehingga dapat menurunkan minat dan semangat siswa dalam belajar menggambar. Karenanya kami dorong guru mata pelajaran lebih kreatif dan membawa siswa belajar secara outdoor di Kebun Raya Kota Kendari atau lebih dikenal dengan camping ground," ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan siswa dapat melihat secara langsung mengenali karakter objek yang akan digambar. "Dengan begitu para siswa kita lebih kreatif lagi dalam memberikan sentuhan gambarnya dikertas. Sebab mereka secara langsung kita turunkan ke alam melihat langsung apa yang ingin mereka gambar bukan hanya sekadar membayangkan. Saya juga bakal mendorong mata pelajaran lain yang bila memang singkron untuk belajar di luar yah silahkan saja asal untuk memperkaya pengalaman dan kemampuan siswa kita, " pungkasnya. (rah/b)

  • Bagikan