DPRD Konut Apresiasi Kinerja Bupati Ruksamin

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam komando kepemimpinan Bupati Ruksamin dan Wakil Bupati, Abuhaera mencatatkan kembali prestasi bergengsi dalam pengelolaan keuangan APBD tahun anggaran 2021. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada pemerintahan duet Ruksamin-Abuhaera.

Pemberian opini WTP atas LHP LKPD Konut tahun 2021, merupakan WTP kali kelima yang diraih Pemkab Konut dalam kendali Bupati Ruksamin. Prestasi atas kinerja pengelolaan keungan daerah itu mendapat respons dan apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konut sebagai bentuk dukungan terhadap Bupati Ruksamin.

Ketua DPRD Konut, Ikbar mengapresiasi atas capaian prestasi yang diraih Bupati Konut, Ruksamin dengan mengoleksi lima WTP dalam tata kelola anggaran dan aset daerah. “DPRD Konut akan terus mendorong Pemkab Konut untuk melakukan kegiatan secara transparan dan terbuka. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran di Pemkab Konut, serta dukungan seluruh masyarakat Bumi Oheo (Konut),” kata Ketua DPRD Konut, Ikbar kepada Kendari Pos, Jumat (3/6).

Ketua DPRD Konut, Ikbar (kiri) mendampingi Bupati Konut, Ruksamin saat menerima LHP LKPD tahun anggaran 2021 yang diserahkan Plh.Kepala Perwakilan BPK Sultra, Patrice Lumumba Sihombing (tengah) di kantor BPK RI Perwakilan Sultra. FOTO: HELMIN TOSUKI / KENDARI POS

Politisi PBB itu menuturkan prestasi opini WTP yang diraih Pemkab Konut perlu dijadikan motivasi guna mempertahankan dan meningkatkan kinerja pemerintahan. Sehingga ke depannya, prestasi serupa tetap kembali diraih yakni opini WTP.

Apresiasi yang sama datang dari anggota Komisi I DPRD Konut, Hendrik Johanis. Dia menilai, keberhasilan meraih WTP menjadi indikator kerja keras dan kekompakan aparatur Pemkab yang didukung oleh DPRD Konut secara kelembagaan.

“Kami sangat apresiasi atas pencapaian opini WTP kelima bagi Pemkab Konut. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah dalam kepemimpinan duet Ruksamin-Abuhaera sangat serius untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan keuangan di Kabupaten Konut,” ujar Hendrik Johanis.

Bagi Hendrik, atas prestasi itu, maka tidak ada alasan DPRD Konut untuk tidak mendukung kebijakan dan tata kelola anggaran yang dilakukan Pemkab Konut. Hendrik juga mengapresiasi kinerja seluruh aparatur OPD Pemkab Konut yang terus berusaha meningkatkan pengelolaan keuangan daerah.

Hendrik menegaskan berbagai saran dan masukan dari BPK Perwakilan Sultra selalu menjadi perhatian untuk dibenahi dan disempurnakan. Itu menjadi wujud komitmen bersama untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan di Konut.

“Selama ini kami DPRD terus mengingatkan agar pelaksanaan pembangunan selalu mengacu pada aturan, termasuk dalam hal kepatuhan menyampaikan laporan pertanggungjawabannya. Kalau ada yang dirasa keliru, maka kami tidak segan mengingatkan eksekutif untuk memperbaikinya,”tegas Hendrik Johanis.

Hendrik berharap kerja sama dan kekompakan DPRD bersama Pemkab Konut dapat terus terjaga dan ditingkatkan secara harmonis. Sebab, kekompakan itu menjadi modal penting dalam meningkatkan kinerja bersama membangun Kabupaten Konut.

“Dengan capaian yang sudah diraih, tentunya tidak boleh membuat kita lupa atau malah lalai. Justru harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah lebih baik lagi. Agar pembangunan di Tanah Oheo dapat berjalan dengan optimal,”pungkas Hendrik. (min/b)

  • Bagikan