Nikmatnya Salak Kebun Raya, Rasanya Manis dan Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Musim

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Jika ke Kota Kendari, tak ada salahnya mencicipi buah Salak Kebun Raya. Selain rasanya yang khas, manis agak sedikit asam, juga mudah ditemukan karena berbuah sepanjang tahun tanpa musim.

Kabid Perkebunan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kota Kendari, Zulkarnaim mengungkapkan, buah salak yang ditanam Kelompok Tani Tunas Baru (Petani Binaan Pemkot Kendari) memiliki beberapa keunikan, diantaranya memiliki rasa yang khas dan terus berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

"Sejak panen raya dibulan Maret tahun 2021 kemarin bersama pak Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir itu sampai sekarang masih berbuah dan tidak ada putusnya hanya saja puncaknya ada pada bulan Maret," ungkapnya, Jumat (03/06/2022).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (baju putih) bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sri Lestari (baju kuning) memperlihatkan buah Salak Kebun Raya Kendari yang memiliki rasa khas dan berbuah sepanjang tahun tanpa musim. (FOTO : AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

Disisi lain, penamaan Salak Kebun Raya dikarenakan lokasi kebun salak yang berada di Kawasan Nanga-nanga, Kelurahan Anduonohu atau tidak jauh dari Kawasan Kebun Raya Kendari.

"Kenapa kita beri nama Salak Kebun Raya itu supaya orang bisa Kenal Kebun Raya Kendari dan juga salak nya bisa dikenal," ungkap Zulkarnaim.

Agar Salak Kebun Raya bisa dikenal masyarakat, kini pihaknya tengah gencar mempromosikan buah khas Kota Kendari itu. Harapannya, Salak Kebun Raya bisa jadi salah satu komoditi andalan Kota Kendari.

"Pemkot Kendari melalui Dinas Pertanian telah memamerkan salak tersebut pada pelaksanaan Expo Hari ulang tahun (HUT) Sultra ke-58 yang digelar di Kota Baubau beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah banyak yang suka buah salaknya. Rasanya khas, manis dan bikin ketagihan," pungkasnya. (ags)

  • Bagikan