Bupati Sukses Pertahankan Opini WTP. Ini Respon Ketua DPRD Konawe

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa sukses mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam tata kelola keuangan. Kondisi ini memantik respon positif dari wakil rakyat. Ketua DPRD Konawe, H. Ardin menyambut baik LHP BPK atas LKPD Konawe tahun 2021 yang menyabet predikat WTP. Ia menyebut, WTP ketujuh yang dipersembahkan Kery Saiful Konggoasa menjadi legitimasi bahwa pengelolaan keuangan pemkab Konawe sudah dijalankan dengan baik.

"Pemkab Konawe tentunya dengan arahan Bupati Kery Saiful Konggoasa mampu mengelola keuangan daerah dengan baik. Kita berharap, capaian ini bisa terus dipertahankan," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan, menuturkan, persoalan capaian opini WTP yang diberikan BPK RI terhadap LKPD Konawe maupun daerah lainnya di Bumi Anoa, ditentukan oleh empat indikator. Pertama, apakah laporan itu sudah disajikan berdasarkan standar akuntansi pemerintah (SAP). Kedua, apakah dalam pelaporan keuangan tersebut sudah menyajikan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh BPK. Yang ketiga, lanjutnya, apakah dalam laporan keuangan yang diserahkan itu, setelah pemeriksaan lebih rinci oleh BPK tidak ditemukan sesuatu yang bersifat melanggar kepatuhan. Keempat, efektivitas pelaksanaan sistem pengendalian internal (SPI) atas laporan pemerintah daerah yang disajikan.

"Jadi, empat hal itu yang dinilai oleh BPK. Setiap tahun kita terus meningkatkan kualitas laporan. Sehingga paling tidak, kita berharap LKPD Konawe yang tersaji itu menjadi wajar. Karena esensinya, LKPD itu bukan menyajikan laporan yang benar atau salah, namun menyajikan kewajaran," beber Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe itu. (adi)

  • Bagikan