Seleksi Sekab Buton Dijamin Tuntas Sebelum Sekab Pensiun

  • Bagikan
La BakryLa Bakry

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jabatan La Ode Muhammad Zilfar Djafar sebagai Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton, akan berakhir Juli mendatang. Untuk mencari pengganti "Jenderal" ASN itu, Pemkab kini membuka seleksi jabatan tersebut dan telah ditutup Senin (30/5). Bagi mereka yang lolos berkas, asesmen dijadwal 8 Juni mendatang. Ketua Panitia Seleksi, Asrun Lio, membenarkan jika pendaftaran sudah ditutup. "Kalau jumlah pendaftar bisa dicek di sekretariat, memang jadwalnya hari ini. Setelah itu masuk asesmen," katanya, kemarin.

Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara itu menegaskan, semua proses seleksi akan berakhir Juli mendatang. Jadwal tahapan pun sudah disusun dan sudah diumumkan. "Kita upayakan secepatnya biar tidak ada kekosongan saat ditinggal Sekab yang akan pensiun," lanjutnya. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton, Awaluddin, mengatakan, pihaknya hanya sebagai fasilitator dalam asesmen tersebut. Sebab panitia seleksinya dari provinsi. Sementara tim asesor dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Makasar. "Untuk asesmen sepenuhnya sudah menjadi kewenangan panitia, itu dari provinsi dan BKN Makassar," jelasnya.

Terpisah, Bupati Buton, La Bakry juga berharap, Ia bisa melantik Sekab baru pada Juni mendatang. "Saya juga ingin tidak usah ada Plt. Plh dan sebagainya. Kalau sudah selesai seleksi, Pak Sekab (LM Zilfar Jafar) juga pensiun, maka kita juga sudah bisa langsung pelantikan," katanya.

Soal kriteria Sekab yang diinginkan, itu sepenuhnya diserahkan ke panitia seleksi. Menurutnya di sana sudah ada kriteria dimaksud. Sehingga ketika ada tiga nama yang disodorkan nanti, itulah yang terbaik. (b/lyn)

  • Bagikan