Expo HUT Sultra Sukses

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penyelenggaraan Expo Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Baubau berlangsung sukses. Selama tujuh hari atau mulai tanggal 22-28 Mei 2022, masyarakat benarbenar terhibur sekaligus bisa bernostalgia tentang hari lahirnya provinsi Sultra. Tidak hanya itu, generasi muda Bumi Anoa ini bisa mengenal jejak perjuangan pahlawan nasional asal Sultra Oputa Yi Koo melawan penjajah. Rangkaian penutupan turut dimeriahkan penampilan band legendaris asal ibukota, Band Tipe X. Gubernur Sultra Ali Mazi menutup langsung pameran pembangunan, Sabtu (28/5).

Acara penutupan dihadiri Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dan sejumlah anggota DPRD, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse selaku tuan rumah, para kepala daerah dan jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan pemerintah kabupaten dan kota se-Sultra. “Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana yang dipimpin oleh Pj Sekda Provinsi Asrun Lio, Biro Pembangunan Setda Sultra yang mengkoordinir kegiatan pameran, Pemerintah Kota Baubau sebagai tuan rumah, dan Pemerintah Kabupaten Buton atas dukungannya dalam penyelenggaraan napak tilas,” ujar Ali Mazi.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Sultra ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang berpartisipasi, seluruh petugas keamanan dan ketertiban TNI/Polri dan Satpol PP. “Sampai jumpa pada event daerah Sultra lainnya, dengan terus menggelorakan semangat Bangga Menjadi Masyarakat Sultra, Bangga Membangun Daerah untuk Sultra Masa Depan Indonesia,” tutup Gubernur.

Acara penutupan turut dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi stand pameran terbaik. Untuk kategori layanan publik lingkup lingkup Pemprov Sultra digondol Rumah Sakit Bahteramas disusul Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal Daerah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang menduduki peringkat II dan III.

Di kategori ekonomi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tampil menjadi juara I, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) menempati juara II sementara juara II menjadi milik Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distannak). Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang tampil menjadi juara I di bidang sosial dan pembangunan. Pada posisi kedua ditempati Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (EDSM) menjadi juara III. Stand terbaik untuk kategori Pemerintah Kabupaten/ Kota diraih Pemkab Wakatobi. Juara II ditempati Kolaka Timur (Koltim) disusul Konawe Utara (Konut). Harapan I sampai III masing-masing diraih Muna, Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kota Baubau.

Sementara juara umum lomba tapak tilas Oputa Yi Koo ditempati tim Veres. Posisi runner up diraih tim Beloka dan tim STKIP Bersama menjadi juara III. Untuk kategori kelompok favorit dimenangkan oleh Kolopua Team. Yel-yel terbaik dimenangkan SMAN 5 Baubau, juara II Mapala UMB I dan SMAN I Kadatua menjadi juara III. (c/ali/adv)

  • Bagikan